Jelang Lebaran, Arus Kendaraan Melonjak

Senin 18-05-2020,21:32 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

RBO, MUKOMUKO - Sepekan jelang Hari Raya Idul Fitri 1441 H/2020 M, arus kendaraan yang melintasi jalan lintas Sumatera (Jalinsum) di wilayah Kabupaten Mukomuko melonjak lebih dari 100 persen. Ini dibenarkan Kapolres Mukomuko, AKBP Andy Arisandi, SH., S.IK., MH kepada RADAR BENGKULU kemarin.

Meskipun melonjak lebih dari 100 persen, jumlah kendaraan yang melintasi Jalinsum di wilayah Kabupaten Mukomuko tidak sampai 100 unit kendaraan, atau hanya sekitar 55 unit kendaraan.

Dari jumlah puluhan kendaraan yang lewat saat ini, kata Kapolres, sekitar 6 persennya, diminta balik kanan ke daerah asal.

"Pekan pertama bulan Mei, arus kendaraan sempat turun. Tapi Minggu kedua bulan Mei, mulai terjadi peningkatan sebanyak 106 persen dari awal Mei. Kita tetap pantau arus kendaraan yang melewati Kabupaten Mukomuko," ujar Kapolres.

Ditambahkannya, pada awal adanya pembatasan arus mudik sejak 24 April 2020 lalu, jumlah kendaraan yang diminta balik kanan pulang ke daerah asal, jumlahnya mencapai 70 unit kendaraan. Namun sepekan setelah itu, jumlah kendaraan terus menurun.

"Kalau awal operasi, bersamaan dengan pembatasan mudik sesuai Permenhub RI, hari pertama, kedua dan sampai sekitar 7 hari, jumlah kendaraan yang kita minta putar kanan mencapai 70 unit. Setelah itu terus berkurang, sampai awal Mei. Minggu kedua Mei ini mulai meningkat lagi, namun jumlahnya masih di bawah 100 unit," pungkas Kapolres. (sam)

Tags :
Kategori :

Terkait