PPDB di SMKN 4 Kota Bengkulu Diperpanjang

Minggu 05-07-2020,20:23 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

 Buka Program Studi Agribisnis Perikanan

RBO >>>  BENGKULU >>>  Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 4 Kotqa Bengkulu yang terletak di Jalan Enggano, Kecamatan Sungai Serut, Kota Bengkulu membuka Program Studi Ekonomi Produktif. Yaitu, Program Studi Agribisnis Perikanan. Sehingga, siswa lulusan SMK 4 tersebut bisa mandiri membuka lapangan kerja sendiri dengan bekal keahlian yang didapat dari sekolah.

Kepala SMKN 4 Kota Bengkulu, DR. Paidi, SPd, MPd kepada RADAR BENGKULU Sabtu (4/7) mengatakan bahwa program baru ini sudah menerima untuk siswa baru untuk jurusan baru ini. Para siswa ini diharapkan nanti bisa belajar, tetapi mempunyai nilai ekonomi yang nantinya bisa menjadi sumber perhasilan bagi siswa.

“Mereka diharapkan mempunyai keahlian dalam pengolahan ikan kaleng dan siap untuk dipasarkan. Sehingga mereka mendapatkan hasil dari hasil pembelajaran tersebut,” ungkapnya.

Tidak hanya jurusan Agrobisnis Perikanan, program study lainnya juga dimiliki SMKN 4 Bengkulu. Seperti Teknik Body Otomotif (TBO ), Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO), Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM), Nautika Kapal Penangkap Ikan (NKPI), Teknik Kapal Penangkap Ikan (TKPI), Rekasayasa Perangkat Lunak (RPL). Semua bidang keahlian ini, paparnya, dilengkapi dengan sarana dan prasarana yang mendukung serta tenaga guru yang sudah 70 % memiliki sertifikasi di bidangnya masing untuk mempraktikan hasil teori yang didapat di bangku belajar.

Jurusan Teknik Body Otomotif SMK 4 sudah lengkapi dengan oven body cat untuk menghasilkan praktik body cat yang sesuai dengan selera pasar ketika memasuki dunia usaha. Begitu juga dengan jurusan jurusan lainnya. Semua sarana dan prasarana pendukung telah mampu mencetak tenaga tenaga ahli di bidangnya masing masing.

Namun pada saat ini di tengah masa new normal covid 19, jumlah siswa yang mendaftar untuk jurusan tersebut masih kurang . ‘’Lebih kurang 50 siswa baru lagi diharapkan bisa memenuhi kuoto yang ditargetkan sebanyak 370 siswa pada tahun ajaran ini. Sesuai dengan surat dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bengkuku bahwa perpanjangan waktu PPDB sampai tanggal 8 Juli, yang sebelumnya ditutup pada tanggal 30 Juni 2020.’’

Sedangkan pada saat ini jumlah siswa kelas tiga, ada sebanyak 162 siswa, kelas 2 sebanyak 320 siswa dan siswa baru yang mendaftar saat ini batu mencapai 320 siswa.

Disisi lain, sekolah yang berdiri di atas lahan seluas 2,5 hektar ini memiliki potensi yang sangat besar karena berada di kawasan wisata maritim. “Masih banyak yang harus kita persiapkan. Seperti masjid untuk siswa Jumatan dan pagar pembatas sekolah dalam rangka menciptakan keamanan sekolah ini. Pada tahun ajaran baru ini akan dibicarakan bersama komite dan wali murid bagaimana mencarikan solusi tersebut,” tutur Paidi.(rls)

Tags :
Kategori :

Terkait