BPBD Imbau Semua Pihak Antisipasi Kekeringan dan Kebakaran Lahan

Senin 06-07-2020,19:56 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

Rusdi Bakar : Untuk Pencegahan Kita Sudah Surati BPBD Kabupaten/Kota

RBO >>> BENGKULU >>>  Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Rusdi Bakar M.Pd meminta semua pihak di Provinsi Bengkulu waspadai ancaman kekeringan dan potensi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). Terlebih saat ini mulai memasuki musim kemarau.

"Memasuki musim kemarau, itu pertanda kita waspada kebakaran lahan dan hutan serta kekeringan," ungkap Rusdi saat diwawancarai radarbengkuluonline.com  usai mengikuti rapat paripurna di DPRD Provinsi Bengkulu, Senin (6/7).

Rusdi menjelaskan, memasuki pergantian musim tersebut, pihaknya mempedomani data dari BMKG. Maka pihaknya, diakui Rusdi telah memberikan surat imbauan kepada BPBD Kabupaten/Kota se-Provinsi Bengkulu, ketika terjadi peralihan musim untuk waspada. Terlebih saat ini peralihan dari musim penghujan ke musim panas/ kemarau. " Kita juga mengimbau kepada masyarakat untuk tidak bermain api, membakar dan membuang puntung rokok sembarangan saat musim kemarau. Karena itu semua indikasi atau celah penyebab kebakaran tertinggi," tegasnya.

Kemudian, sambung Rusdi, BPBD juga telah mengingatkan beberapa daerah untuk memperhatikan dan menjaga sumber air bersih agar terhindar dari kekeringan saat kemarau. Terlebih, di Provinsi Bengkulu ada dua kabupaten, yakni Seluma dan Bengkulu Selatan yang rawan terjadi kekeringan saat musim kemarau tiba. "Kita minta masyarakat jangan terlena. Maka, kita mengimbau melalui BPBD Kabupaten/Kota masing-masing ketika memasuki musim kemarau tetap harus waspada," tutupnya.

Sebelumnya dari Kepala BMKG Provinsi Bengkulu, Klaus Johannes Apoh Damanik, ST. MP mengatakan bahwa Bengkulu saat ini sudah mulai memasuki musim kemarau. “Puncaknya kekeringan itu nanti di bulan Agustus. Dan kami terus memantau titik hot spot yang rawan terjadi kebakaran dimusim kering ini,” kata Kepala BMKG tersebut. (idn)

Tags :
Kategori :

Terkait