Arisan, Pengajian, IKS Provinsi Bengkulu Bekurban 3 Ekor Sapi, 4 Ekor Kambing

Minggu 12-07-2020,19:35 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

RBO >>>  BENGKULU >>>  Ikatan Keluarga Solok (IKS) tetap melakukan kegiatan rutin setiap bulan dengan pengajian dan arisan. Spesial, Sabtu (11/7) kemarin dilakukan di ruangan pertemuan Graha Pena RADAR BENGKULU. Pertemuan ini dihadiri puluhan orang anggota Ikatan Keluarga Solok. .

    Acara ini diawali dengan pengajian. Pengajian ini disampaikan oleh ustad Julisman, MPd dengan tema tentang keutamaan ibadah kurban. Dalam penyampaiannya dikatakan, ibadah kurban berbeda nilai amalannya dengan ibadah lainnya. Seperti salat, puasa. "Ibadah kurban sudah mendapat pahala sebelum pemotongan kurban itu dilaksanakan. Berbeda dengan ibadah salat dan puasa, bahwa ibadah itu dilaksanakan dahulu, baru dapat pahala,"  ungkap Julisman dalam pengajian itu.

Pengajian yang dihadiri oleh Ikatan Keluarga Solok ini  berlangsung beberapa menit saja  karena keterbatasan waktu menjelang salat Zuhur. Mendekati azan zuhur pengajian ditutup dengan doa bersama yang dibacakan oleh ustad H. Yulkamra. MPd yang juga Sekretaris MUI Bengkulu.

Selepas salat zuhur berjamah di masjid terdekat,  acara dilanjutkan dengan makan bersama. Canda tawa mewarnai acara makan bersama, saling melepas kerinduan dengan makan masakan Padang dengan ciri khas tersendiri  dengan menu  sambalado telur puyuh, dendeng, dan jengkol campur tempe, pakai cabe hijau. Tak terasa para peserta menikmati makanan khas cupak Solok ini dengan rasa nikmat.

Setelah itu acara dilanjutkan dengan rapat penyelenggaraan kurban yang setiap tahunnya diselenggarakan oleh IKS ini di Rumah Gadang Solok yang dipimpin oleh Ketua Panitia Kurban, H.Yulkamra, MPd. Dalam pembahasan itu Yulkamra menyampaikan bahwa penyelenggaraan kurban tahun ini oleh IKS sebanyak 3 ekor sapi dan 4 ekor kambing.

Seperti tahun lalu, masing masing peserta kurban dikenakan biaya sebesar Rp 2.500.000, dengan rincian  2,4 juta itu diperuntukan untuk beli sapi dan Rp 100.000 dipergunakan untuk keperluan penyelenggaraan kurban. Termasuk segala sesuatu yang diperlukan dalam penyelenggaraan nanti. Seperti pembagian daging kurban juga ditetapkan dalam rapat tersebut diantaranya, bagi peserta kurban mendapatkan daging padat sebanyak 2 kg ditambah dengan hati, limpa dan lainnya yang masuk sepertujuhnya.

Sedangkan untuk masyarakat seputaran Rumah Gadang Solok itu diperuntukan lebih kurang 80 kupon. Bagi peserta kurban juga diberi 10 kupon untuk masyarakat seputaran tempat tinggal peserta kurban. Sehingga jumlah kupon yang disediakan ada sekitar 400 kupon. Ini sama seperti tahun lalu. "Kita samakan saja dengan tahun lalu sekitar 400 kupon di sediakan,"  tutur Yulkamra.

Terkait dengan pelaksanaan nanti, Yulkamra menyampaikan bahwa kurban dilaksanakan pada hari Ahad, 13 Dzulhijjah, tepatnya 3 Agustus 2020 bertempat di Rumah Gadang Solok. Pada acara pemotongan nanti, IKS juga melibatkan masyarakat setempat sebanyak 6 orang  guna untuk membantu pelaksanaan pemotongan itu.

Ketika RADAR BENGKULU mengkonfirmasi kepada Ketua IKS, Ir.H. Yasar Asra membenarkan kegiatan ini dilakukan IKS setiap bulannya berupa pengajian, arisan. Dan kadang acara hari hari besar Islam lainnya. Termasuk kurban. Ini setiap tahunnya diadakan. "Kegiatan ini kita laksanakan setiap bulan. Seperti pengajian, arisan , acara hari-hari besar Islam lainnya. Ini dalam rangka silaturrahmi sesama masyaralat Solok yang ada di Kota Bengkulu," ungkapnya.(Cw1)

Tags :
Kategori :

Terkait