Warga Desa Talang Kering Perjuangkan Usulan Melalui Musdes RKPDes

Rabu 22-07-2020,20:41 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

RBO, ARGA MAKMUR - Pemerintahan Desa Talang Kering, Kecamatan Air Napal menggelar Musyawarah Desa Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa (Musdes RKPDes) untuk tahun 2021, Musdes RKPDes di gelar di gedung serba guna Desa Talang Kering, Rabu (22/7/2020).

Musdes RKP Desa ini dipimpin langsung oleh Ketua BPD Desa, Kasiman. Dalam arahannya yang memuat pokok-pokok pikiran BPD dengan menyampaikan bahwa Musdes ini di lakukan sebagai instrumen penilaian kinerja perangkat desa. Untuk mengukur efektivitas pelaksanaan tugasnya. “Musyawarah RKP desa ini sebagai perencanaan tahunan untuk mencapai tujuan akhir yang ditetapkan di dalam RPJM Desa. Kegiatan ini mengacu pada Peraturan Menteri Desa No.17 tahun 2019 tentang pedoman umum pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa,” kata Kasiman.

Camat Supandi, SH di kesempatan itu juga menyampaikan bahwa RKPDes ini disusun dengan maksud sebagai kerangka acuan bagi kepala desa dan perangkat desa dalam menyusun program dan kegiatan tahunan yang sinergis sesuai tugas pokok fungsinya untuk mewujudkan tercapainya visi misi yang telah ditetapkan dalam RPJM Desa. “Selain itu, sebagai instrumen akuntabilitas dan transparansi manajemen pamerintah desa kepada masyarakat maupun elemen pemerhati untuk memantau kinerja pemerintah desa," jelas Supandi.

Kades Talang Kering, Fauzul Kabir, S.Ip mengatakan dalam Musdes RKP Desa ini adalah untuk mencapai tujuan yang ingin di capai dalam perencanaan tahunan desa dalam upaya mewujudkan rencana pembangunan jangka menengah. “Setiap tahun penyusunan RKP desa ini di tetapkan untuk kegiatan dalam setahun yang ada dalam RPJM, Desa,” terang Fauzul.

“Selain itu juga, agar tercapainya pemanfaatan potensi desa secara maksimal, efisien dan efektif dalam pembangunan desa menuju desa yang maju mandiri dan sejahtera, Rencana Kerja Pemerintah Desa yaitu sebagai dokumen perencanaan yang memuat pokok-pokok kebijakan Pembangunan Desa dan menuntun kearah tujuan pencapaian visi dan misi desa," sambung Fauzul.

Sementara itu, Sekdes Talang Kering memaparkan kegiatan fisik dan non fisik yang telah teralisasi tahun 2020 maupun kegiatan tahun berjalan. Usai pemaparan pokok-pokok pikiran BPD dan pemaparan realisasi kegiatan tahun berjalan oleh Sekdes Talang Kering serta aspirasi masyarakat yang akan di muat dalam RKP Desa di lanjutkan dengan pembentukan tim penyusun RKPDesa tahun 2021.

Kegiatan ini dihadiri oleh Pendamping Desa, Babinsa, Babinkamtibmas, perangkat desa, lembaga desa dan tokoh masyarakat desa Talang Kering. (bri)

Tags :
Kategori :

Terkait