Kasus Positif Covid Pertama di Lebong, Berubah Jadi Zona Hijau ke Zona Kuning

Jumat 24-07-2020,21:13 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

Total Positif Covid, 196 Pasien, Sembuh 117 Pasien

RBO, BENGKULU - Selama 5 bulan terakhir Kabupaten Lebong belum tersentuh kasus positif Covid-19 dengan zona hijau. Kini, terjadi kasus positif pertama di Lebong. Ini diungkapkan langsung oleh Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan (Covid-19) Jaduliwan, SE, M.M pada konfrensi persnya kemarin.

"Untuk 1 tambahan positif hari ini (Jumat-red), kasus 196. Perempuan, umur 47 tahun. Alamat Kabupaten Lebong. Keluhan mual, muntah, batuk dan nyeri lambung. Saat ini, pasien sedang dirawat di RSUD Curup Kabupaten Rejang Lebong. Sedangkan untuk kabar baiknya, ada 1 pasien dinyatakan sembuh. Kasus 122 dari Kota Bengkulu, jadi, total kasus positif dilaporkan sembuh sebanyak 117 orang," ujar Jaduliwan kemarin.

Selain ada 1 penambahan kasus positif, terdapat 1 penambahan Pasien Dalam Pengawasan (PDP), Nn. M.P.A, umur 17 tahun. Alamat Kabupaten Rejang Lebong. Keluhan sesak nafas, batuk dan demam. Saat ini, pasien dirawat di RSUD Curup Kabupaten Rejang lebong.

"Untuk total kasus Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 1007, ODP selesai pemantauan 967, ODP masih dalam pemantauan 40, tambahan ODP hari ini nihil. Total kasus PDP sebanyak 131, PDP yang dinyatakan sehat 32, PDP menjadi konfirmasi 20, PDP meninggal 30, PDP proses pengawasan/dirawat 49 orang," terangnya.

"Sementara itu, dari jumlah sampel yang diperiksa di Laboratorium sebanyak 2.973, sampel positif 196, sampel yang proses pemeriksaan 22, sampel yang keluar hari ini 30, yaitu 2 positif kasus lama (evaluasi), 1 postitif kasus baru dan 27 negatif. Sedangkan untuk jumlah rapid test yang sudah dilakukan sebanyak 19.756, rapid test yang unreaktif 19.395, rapid test yang reaktif 361, rapid test reaktif yang dilaporkan hari ini 1 orang," katanya.

Dijelaskan lebih lanjut oleh Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi, Herwan Antoni, SKM, M.Kes terkait 1 tambahan kasus positif dari Lebong, dengan adanya 1 kasus positif baru di Lebong, yang selama ini Lebong salah satu Kabupaten yang belum pernah ada kasus positif, selama ini juga zona hijau sejak awal. Sebab, tidak ada satu kasus pun. "Dengan adanya 1 kasus baru, tentunya nanti akan terjadi perubahan warna zona, dari hijau menjadi kuning. Biasanya ini akan berubah dalam waktu 1 minggu, setelah kasus baru ini akan terjadi perubahan zona. Apalagi, untuk perubahan zona, ini terjadi akan terus menerus sesuai dengan adanya kasus atau tidak," kata Herwan Antoni.

Untuk riwayat kontak kasus 196 ini, pihaknya belum mendapat riwayat kontak langsung dari pasien tersebut. Sebab, belum mendapatkan dari tim Penyelidikan Epidemologi (PE) yang disampaikan pada pihak Dinkes, sampai saat ini, belum ada riwayat kontak dengan kasus positif yang sudah ada. "Untuk riwayat perjalanan, ada informasi yang bersangkutan pernah melakukan perjalanan ke salah satu Kabupaten di Provinsi Bengkulu. Semoga, kasus pertama di Lebong ini menjadi pertama dan terakhir," tutupnya. (ach)

Tags :
Kategori :

Terkait