Warga Arga Mulya Antusias Ikuti Musdes RKPDes 2021

Minggu 26-07-2020,20:23 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

RBO, ARGA MAKMUR - Pemdes Arga Mulya, Kecamatan Padang Jaya, Kabupaten Bengkulu Utara (BU), melaksanakan Musdes penyusunan RKPDes untuk tahun anggaran 2021 di balai kantor desa setempat pada hari Jumat (24/7) kemarin.

Kades Arga Mulya Sumito menyampaikan arahan, selaku pemerintah Desa Arga Mulya, Sumito bersama BPD, perangkat desa berharap pada masyarakat untuk adakan usulan, baik dari APBN, kabupaten, provinsi, APBN. ‘’Kita tetap mengusulkan apa yang belum dibangun pada tahun sebelumnya. Kepada Bapak/ ibu sekalian saya ada imbauan sedikit mengenai jarak pemilu ini sudah dekat, maka tolong jangan sampai menyia-nyiakan hak suara kita untuk memilih dan dipilih. Taat lah kepada pemerintah daerah. Jangan meninggalkan kebiasaan kita untuk cuci tangan pakai sabun, pakai masker di saat bepergian, jaga jarak, karena virus ini tidak kelihatan dan kita tidak tau kapan dia datang,’’ jelas Kades Sumito.

Ketua BPD Suwarno mengucapkan terimakasih atas kehadiran Bapak/ ibu sekalian di balai kantor desa ini dalam keadaan sehat walafiat dan mari membahas untuk usulan di tahun anggaran 2021. ‘’ Ya, kita akan menetapkan usulan kita dan kita tetap membahas yang ada di RKPDes kita juga dikarena kan pembangunannya ada yang dipending untuk pembagian BLT DD yang telah kita bagikan. Jadi, kita usulkan lagi di tahun 2021 berikutnya. Mudah-mudahan nanti bisa terkaper oleh dana desa di tahun berikutnya,’’ jelas Ketua BPD Suwarno.

Kasi PMDK, Soini atas izin Camat Padang Jaya Syarifah Inayati, SE mengimbau kepada masyarakat Arga Mulya untuk semangat membangun desa dengan dana desa di setiap tahunnya. ‘’ Saya selaku Kasi PMD untuk pembahasan penyusunan RKPDes anggaran tahun 2021 ini, jadi kita harus ada usulan untuk mencapai tujuan pembangunan di desa kita. Karena, tanpa adanya usulan, kita tidak akan ada harapan untuk membangun di desa kita. Untuk itu, kita tetapkan RKPDes di desa kita ini,’’ ujarnya.

Seperti,lanjutnya, pengadaan sarana retribusi. Misalkan seperti BUMDes, pasti desa kita tidak akan tertinggal dari pada di desa-desa lain. ‘’Harapan saya, Desa Arga Mulya ini juga bisa mengikuti seperti desa- desa yang lainnya. Walapun desa kita belum ada yang bisa membuat menarik masyarakat luar untuk berselfie ke desa kita, maka kita akan membuat mereka tertarik untuk berkunjung dan berselfie ke desa kita ini,’’ ujar Kasi PMD, Soini.

Pendamping Desa Teknik Infrastruktur, Dini Yuhera, ST menjelaskan, untuk penetapan penyusunan RKPDes ini paling lambat bulan bulan September akhir dan dia mengapresiasi desa Arga Mulya ini karena desa ini lebih awal mengadakan usulan musyawarah (Musdes) penyusunan RKPDes untuk TA 2021. ‘’Musyawarah ini tidak cukup satu kali. Namun harus sampai ke penetapan. Kita tetap bermusyawarah dengan tim verifikasi penyusunan RKPDes itu akan ditetapkan oleh kepala desa, sekretaris desa, kemudian tim verifikasi RKPDes. Terutama timnya itu paling banyak ada 11 orang, melaksanakan reviu, tim verifikasi perlu diingat juga di setiap kegiatan ini harus ada daftar hadir serta dokumentasinya,’’ jelas PDT Dini. (bri)

Tags :
Kategori :

Terkait