Survei Diaspora, Agusrin, Rohidin dan Helmi Tetap Teratas

Minggu 26-07-2020,21:13 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

Ini Hasil Survei Kedua Diaspora

RBO, BENGKULU – Tiga nama calon Gubernur Bengkulu masih tetap teratas. Mereka adalah Agusrin, Helmi dan Rohidin. Ini hasil survei kedua yang dilakukan Diaspora Research Strategy. Anda boleh percaya boleh tidak. Boleh juga melakukan survei sendiri, nanti hasilnya kami muat di radarbengkuluonline.com.

Kalau sebelumnya pada periode bulan Maret lalu lembaga survey Diaspora Research Strategy telah melakukan rilis pertama. Saat itu dari sampel 700 responden hasilnya petahana Gubernur Bengkulu Dr H. Rohidin Mersyah unggul dibanding kandidat lainnya. Namun pada rilis kedua hasil survey tanggal 16-20 Juli 2020 atau jelang satu bulan pendaftaran Paslon di KPU. Data Diaspora menampilkan bahwa petahana mengalami penurunan popularitas serta elektabilitas dibanding sebelumnya.

“Dari 700 responden yang kita wawancarai secara acak dengan metode multi stage random sampling dimana margin of error kurang lebih 3,75 persen. Hasilnya secara elektabilitas tertutup Pilgub dilaksanakan pada bulan Desember nanti, maka Agusrin M Najamuddin mendapat dukungan sebanyak 28,3 persen, petahana Rohidin Mersyah 18,1 persen sedangkan pada periode bulan Maret lalu, Rohidin berada pada angka 20,8 persen sedangkan Agusrin hanya 16,2 persen dan Helmi Hasan periode bulan Maret berada pada 7,8 persen elektabilitasnya. Namun sekarang Helmi naik lebih dari 100 persen, dimana elektabilitasnya menjadi 16,0 persen. Artinya petahana Rohidin Mersyah turun 80 persen dari sebelumnya. Sedangkan untuk top of mind jika Pilgub dilaksanakan hari ini, maka elektabilitas Agusrin menang dengan persentase 22,4 persen, disusul Rohidin Mersyah 17,1 persen dan Helmi Hasan 15,7 Persen,” ungkap peneliti Diaspora Research Strategy, Ahmad Aprianto saat press rilis, Minggu (26/7).

Adapun tiga faktor yang mempengaruhi naiknya elektabilitas Agusrin serta Helmi Hasan, serta turunnya elektabilitas petahana Rohidin Mersyah. Hal itu pertama karena kerja politik yang dilakukan kandidat maupun timnya Agusrin serta Helmi begitu massif melakukan sosialisasi dalam beberapa bulan terakhir. Kedua persepsi pemilih yang menganggap Agusrin maupun Helmi potensial memimpin Bengkulu dibanding nama-nama lainnya dengan track record maupun gaya kepmimpinan serta warisan jejak kebijakan yang telah dilakukan. Dan faktor ketiga adanya ketidakpuasan atas kinerja petahana.

“Penurunan elektabilitas Rohidin seiring dengan kondisi penilaian masyarakat atas kinerjanya sebagai Gubernur. Tingkat kepuasan masyarakat atas kinerjanya menurun dari 47,2 persen menjadi 45,8 persen dengan ketidakpuasan mencapai 36,7 persen. Kemungkinan lainnya juga dampak dari situasi krisis Covid-19 yang berdampak pada ekonomi masyarakat Bengkulu disinyalir menjadi salah satu penyebabnya. Situasi ini membuat masyarakat menaruh harapan besar terhadap Gubernur saat ini, jika respon kebijakan Gubernur diluar ekspektasi, maka masyarakat akan cenderung beralih perhatian pada kandidat lainnya. Kesimpulan kita dari survey kedua ini, telah terjadi pergeseran preterensi pemilih dalam tiga bulan terakhir yang kemudian mengubah formasi elektabilitas kandidat. Saat ini Agusrin unggul dibanding dua kandidat kuat lainnya yaitu Rohidin Mersyah dan Helmi Hasan. Dengan gap elektabilitas sekitar 10 persen. Tren kenaikan elektabilitas Agusrin termasuk fenomenal karena berhasil mengungguli incumbent kemudian terjadi sebelum pendaftaran dan penetapan Paslon. Namun hingga saat ini masih terdapat 30,3 persen undecided voters yang masih bisa digarap oleh kandidat,” pungkas Ahmad Aprianto. (idn)

Data Hasil Survey Diaspora research strategy. Survey tanggal 16-20 Juli Tahun 2020 Tingkat Elektabilitas (Top Of Mind) dengan pertanyaan seandainya Pilgub Bengkulu dilaksanakan hari ini siapa yang akan bapak/ibu, sdr/sdri pilih?

1. Agusrin M Najamuddin : 22,4 Persen 2. Rohidin Mersyah : 17,1 persen 3. Helmi Hasan : 15,7 Persen 4. Ferry Ramli : 2,4 Persen 5. Imron Rosyadi : 2,1 Persen 6. Rosjonsyah Syahili : 1,6 Persen 7. Izda Putra : 1,6 Persen 8. Ahmad Hijazi : 1,4 Persen 9. Undecided Voters : 35,6 Persen

Tags :
Kategori :

Terkait