Jika Hanya Golkar dan PKS, Rohidin-Sujono Berpasangan

Senin 27-07-2020,19:41 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

Herizal: Masyarakat Jawa  di Bengkulu 30 Persen

RBO >>>  BENGKULU >>>  Dukungan PKS pada petahana Gubernur Bengkulu Dr H. Rohidin Mersyah untuk kembali melanjutkan kepemimpinannya sudah final. PKS mengatakan siap mendampingi Rohidin, dan kader PKS itu banyak yang dinilai layak untuk mendampingi Rohidin.

“Kita sejak awal komunikasi dengan Partai Golkar sudah mengatakan, siap mendampingi beliau maju kembali. Kader PKS itu banyak. Ada Ketua DPW Sujono, mantan Wagub Ustad Syamlan, Ustad Dani Hamdani dan ini sampai sekarang masih terus bergulir. Artinya, sah-sah saja kalau nanti koalisi kita hanya Golkar dan PKS Rohidin-Sujono bisa saja terjadi. Artinya Cawagubnya nanti dari kader PKS. Dan itu nanti tergantung siapa yang akan dipilih oleh Pak Rohidin,” ungkap Bendahara DPW PKS Provinsi Bengkulu, H. Herizal Apriansyah S.Sos kepada radarbengkuluonline.com  Senin (27/7).

Kalau dilihat dari konstalasi peta politik daerah saat ini, Ketua Komisi II DPRD Provinsi Bengkulu tersebut membeberkan memang belum ada sosok tokoh masyarakat Jawa yang maju di Bengkulu.

“Kalau nanti memang tidak ada tokoh masyarakat Jawa di Bengkulu yang maju Pilgub, maka sangat pas Sujono wakilnya. Karena secara jumlah, masyarakat Jawa di Provinsi Bengkulu cukup banyak. Yaitu, ada sekitar 30 persen lebih penduduk Bengkulu keturunan suku Jawa. Kalaupun nanti dibutuhkan alternatif pilihan kriteria calon wakil gubernur lainnya, PKS juga sudah menyiapkan ada Pak Dani Hamdani. Kita tidak mengikat atau terpaku pada satu orang. Ada beberapa kader yang kita siapkan. Kalau soal PDIP, PKS bersama Golkar sebenarnya bukan menunggu PDIP. Tapi kita hanya melihat momen yang pas untuk waktu deklarasi. Kalau memang sudah saatnya deklarasi kita akan deklarasi. Bukan tergantung PDIP atau yang lainnya. Yang jelas sebelum pendaftaran awal September kita sudah akan deklarasi Rohidin berpasangan dengan siapa,” pungkas Herizal.

Adapun dari petahana Gubernur Bengkulu yang juga Ketua DPD Partai Golkar Provinsi Bengkulu, Dr H. Rohidin Mersyah saat ditanyakan soal kemungkinan dia berpasangan dengan Ketua DPW PKS H. Sujono, Gubernur Bengkulu tersebut menegaskan bahwa untuk calon pendampingnya nanti saat ini mereka masih betul-betul terbuka kemungkinan bagi siapapun untuk mendampinginya dalam Pilgub nanti.

“Untuk wakil ini, saat ini kita masih betul-betul terbuka. Akan kita bahas bersama partai koalisi PKS dan Golkar kemudian. Mudah-mudahan juga ada partai lain akan berkoalisi. Ini akan kita bahas dan tentukan bersama sambil sekali lagi kita melihat trend perkembangan politik terakhir. Termasuk hasil survei. Kita sudah tiga kali survei, akhir tahun 2019 lalu, Bulan Maret dan saat ini sekali lagi. Nanti untuk wakil ini kita bahas bersama-sama dengan partai koalisi,” tegas Rohidin Mersyah.

Adapun untuk diketahui, dengan tujuh kursi DPRD Provinsi Bengkulu milik Partai Golkar ditambah tiga kursi DPRD milik PKS, artinya gabungan Golkar dan PKS sudah memiliki 10 kursi. Sementara syarat mendaftarkan Paslon Gubernur dan Wakil Gubernur Bengkulu di KPU minimal syaratnya 9 kursi. (idn/ editor : yar)

Tags :
Kategori :

Terkait