Kuota Gratis Jangan Disalah Gunakan

Jumat 31-07-2020,18:29 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

Digunakan untuk Pembelajaran Daring

RBO >>>  BENGKULU >>>  Kepala Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Kota Bengkulu, Idiarman, M.Pd mengimbau pada seluruh siswa yang sudah mendapat kartu perdana XL Axiata dan diisi kuota 10 giga, jangan digunakan untuk bermain game, sosial media dan lain-lain. Namun, hanya diperuntukkan untuk proses belajar mengajar daring (online).

"Ya, setiap sebulan sekali, sebanyak 800 siswa dari kelas VII, VIII dan IX kartu tersebut akan diisi kuota oleh pihak sekolah sebanyak 10 giga. Maka dari itu, siswa diharapkan memaksimal kuota yang diberikan sekolah. Jangan sampai, sebelum proses pembelajaran dimulai, kuota siswa sudah habis," ujar Idiarman pada radarbengkuluonline.com kemarin.

Untuk proses pembelajaran daring yang diterapkan pihak sekolah, berbagai macam aplikasi. Seperti video rekaman berupa Google Classroom, Zoom Meeting, Bandicam dan lain-lain. "Jadi, itu semua kami serahkan ke dewan guru yang mengajar, mau metode pembelajaran mau gunakan aplikasi apa, yang mana aplikasi paling simpel, mudah dipahami dan dimengerti oleh siswa. Sebab, model pembelajaran juga baru, dari materi yang diberikan, intinya bukan tugas, tapi memang belajar," terangnya.

Sedangkan untuk jam belajar siswa, memang ada pengurangan dari jam belajar seperti biasanya. Kalau belajar normal seperti biasa sebelum adanya pandemi Covid-19 cukup lama. Dalam satu hari, hanya dua mata pelajaran. "Selain materi baru, bagi siswa belajar daring, nantinya usai guru menerangkan materi yang diberikan, diakhir materi akan ada tugas. Itu sebagai salah satu indikator nilai siswa di rapor," ungkapnya.

Selain penilaian dari tugas, saat siswa mengikuti mata pelajaran di aplikasi google classroom atau zoom meeting, dewan guru akan melihat keaktifan siswa seperti apa. Apakah ada respon tidak dari siswa saat guru menerangkan materi pembelajaran tersebut. "Tidak ada alasan lagi, siswa mengeluh karena belajar daring. Sebab, sekolah sudah memfalisitasi siswa dengan senyaman dan sebaik mungkin," tutupnya. (ach/ editor: yar)

Tags :
Kategori :

Terkait