Rumi Atenah: Tanamkan Nilai-Nilai Pancasila untuk Membentuk Karakter Siswa

Jumat 21-08-2020,18:35 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

RBO >>>  BENGKULU >>>  Kepala Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 5 Kota Bengkulu, Rumi Atenah, S.Pd mengatakan, penguatan karakter pada siswa sebenarnya sudah tertuang dalam Peraturan Presiden (Pepres) No 87 tahun 2017 tentang penguatan pendidikan karakter. Ini menjadi sebuah kebijakan nasional yang berkenaan dengan penguatan bangsa. Maka dari itu, melalui revolusi mental dengan menanamkan nilai-nilai Pancasila supaya dapat menguatkan watak anak bangsa kedepannya seperti apa.

"Selama bangsa Indonesia berdiri, akan terus menyuarakan penguatan karakter melalui revolusi mental pada dunia pendidikan, untuk membangun ideologi bangsa," kata Rumi pada RADAR BENGKULU, Jumat (21/8).

Dijelaskannya, nilai-nilai pancasila merupakan norma-norma umum di negara manapun pasti ada. Hanya bedanya, untuk di Indonesia nomor satu, nilai-nilai religius. Sebagaimana tertuang dalam Pancasila yang pertama, 'Ketuhanan Yang Maha Esa'. "Zaman semakin berubah. Pendidikan karakter zaman dulu dengan zaman sekarang harus berubah. Ketika siswa generasi milenial ini membutuhkan penguatan karakter, sanksinya tidak bisa lagi dipecut dengan rotan, dipukul dan lain-lain," jelasnya.

Untuk itu, cara pendekatannya harus berbeda dengan pendekatan kasih sayang dan sebagaianya. Karena, mau tidak mau, harus mengikuti perkembangan zaman. "Peran kami sebagai Kepala Sekolah (Kepsek), harus bisa mengetahui karakter setiap guru pengajar seperti apa. Diibaratkan Kepsek itu General Manager (GM), yang mengatur semuanya. Termasuk mendorong perilaku gurunya dapat memberikan suritauladan yang baik pada siswanya," tutupnya. (ach)

Tags :
Kategori :

Terkait