Pemdes Tirta Mulya Salurkan BLT-DD Tahap Empat

Minggu 23-08-2020,20:19 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

RBO >>> IPUH >>>  Pemerintah Desa (Pemdes) Tirta Mulya, Kecamatan Ipuh, Kabupaten Mukomuko kembali menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) tahap keempat pada Rabu,(19/8). Dalam penyaluran tersebut hadir langsung Camat Ipuh, Sepradanur, S.Sos, Kades Tirta Mulya, Sumadiyana, S.Pd beserta perangkatnya, Bhabinsa, pendamping desa, BPD, tokoh masyarakat, dan 47 Kepala Keluarga (KK) penerima bantuan.

Kepala Desa Tirta Mulya, Sumadiyana, S.Pd mengatakan, sesuai dengan jadwal yang sudah ditetapkan, penyaluran BLT-DD tahap keempat disalurkan pada Agustus 2020. Dan alhamdulillah proses penyaluran tahap keempat sudah dilakukan dengan mematuhi protokol kesehatan. "BLT-DD tahap keempat dengan besaran Rp 300.000 sudah kita salurkan. Dalam proses penyaluran, semua penerima menggunakan masker untuk menghindari penyebaran wabah Covid-19," ungkapnya.

Sesuai dengan Permendes Nomor 8 tahun 2020, lanjutnya, penyaluran BLT yang bersumber dari DD tetap berlanjut hingga enam bulan. Namun untuk tahap keempat dan selanjutnya besarannya Rp 300.000 per KK. Berbeda dengan tahap pertama, tahap kedua, dan tahap ketiga sebesar Rp 600.000 per KK. "Jumlah penerima tetap sama dengan sebelumnya. Yaitu sebanyak 47 orang atau 47 KK," jelas Sumadiyana.

Ditambahkan, sebanyak 47 KK yang ditetapkan sebagai penerima BLT-DD itu, adalah orang yang benar-benar tidak mampu. Mereka itu terdampak langsung dengan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Pun penetapan penerima BLT-DD ini, berdasarkan hasil Musyawarah Desa Khusus (Musdesus) Desa Tirta Mulya. Acara ini dihadiri langsung Kepala Desa beserta perangkat, BPD, dan tokoh masyarakat lainnya.

"Sesuai dengan hasil Musdesus, penerima BLT-DD di Desa Tirta Mulya ditetapkan sebanyak 47 KK. Dan orang yang ditetapkan sebagai penerima ini adalah orang yang benar-benar tidak mampu," demikian Kades Tirta Mulya, Sumadiyana.(ide)

Tags :
Kategori :

Terkait