Gubernur Rohidin Minta Media Siber Menyejukkan Masyarakat

Rabu 26-08-2020,20:10 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

RBO >>>  BENGKULU >>>  Kehadiran media siber diharapkan mampu memberikan edukasi pada masyarakat. Terutama terkait pandemi Corona Virus Disease (Covid-19) dan Pilkada serentak 9 Desember 2020. Ini disampaikan Gubernur Bengkulu, Dr. H. Rohidin Mersyah saat menghadiri rapat koordinasi dan launching news room yang diselengarakan Serikat Media Siber Indonesia (SMSI).

"Media siber saat ini sangat mudah diakses masyarakat. Jadi, sangat penting memperhatikan dari segi pemberitaan. Bagaimana pemberitaan itu bisa mengedukasi agar bisa menciptakan rasa tenang, aman, dan nyaman bagi masyarakat. Jangan sebaliknya, malah membuat pemberitaan yang menuai keresahaan masyarakat," ungkap Rohidin, usai membuka secara resmi kegiatan Rakor SMSI Bengkulu di Mercure Hotel, Rabu (26/8).

Ditengah wabah pandemi Covid-19 ini, bagaimana melalui peran pemberitaan itu bisa menyampaikan pada masyarakat pentingnya untuk menerapkan protokol kesehatan. "Begitu juga dari sisi Pilkada serentak, hindari pemberitaan yang nantinya malah berujung memecahbelah masyarakat. Sebaliknya media siber harus turut berperan menyukseskan Pilkada serentak," harap Gubernur Rohidin. Disisi lain, Rohidin juga berharap keberadaan media siber dapat mengorbitkan citra Bengkulu. Tentunya dengan menampilkan pemberitaan daerah secara proporsional. "Saya selaku Gubernur sangat ingin melihat Provinsi kita ini maju, yang tentu saja tidak lepas dari peran atau media sebagia salah satu penopang melalui penyajian pemberitaan," terangnya. Sementara itu, Ketua SMSI Provinsi Bengkulu, Wibowo Susilo mengatakan, sebanyak 67 media siber tergabung dalam SMSI Provinsi Bengkulu. "Dalam kesempatan tadi (kemarin, red) kita juga melaksanakan deklarasi untuk turut menyukseskan Pilkada serentak. Khusus untuk Pilkada ini media siber jangan sampai menciptakan konflik berbau SARA," ujar Wibowo.

Termasuk juga, lanjutnya, untuk menghindari penyebaran hoaxs. Begitu juga dengan Covid-19, pihaknya juga berharap media siber dapat berperan dalam mendidik masyarakat. "Intinya kita sebagai media harus ikut berperan dalam membangun daerah," tutup Bowo dalam kegiatan yang dilanjutkan dengan stadium general dan deklarasi media siber untuk sukseskan Pilkada.(idn)

Tags :
Kategori :

Terkait