Desa Air Merah dan Talang Baru Dapat Program Replanting

Kamis 03-09-2020,18:58 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

RBO >>>  MALIN DEMAN >>>  Desa Air Merah dan Desa Talang Baru, Kecamatan Malin Deman tahun ini dapat program replanting dari Pemerintah Kabupaten Mukomuko. Rinciannya, masyarakat Desa Air Merah mendapat program replanting sekitar 57 hektar. Kemudian masyarakat Desa Talang Baru mendapat program replanting sekitar 50 hektar. Saat ini program replanting lahan perkebunan tersebut tengah berlangsung. Yaitu penebangan pohon sawit yang sudah tidak produktif.

Khusus Kecamatan Malin Deman, tahun ini yang mendapat program replanting hanya dua desa. Kemudian untuk luas lahan yang mendapat program tersebut, sesuai dengan usulan dari masyarakat kedua desa tersebut. Dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku, sebagian lahan sudah dilakukan penanaman, dan sebagiannya lagi masih dalam proses penebangan batang sawit yang sudah tidak produktif. "Tahun ini hanya dua desa yang mendapatkan bantuan replanting sawit. Karena kedua desa itulah yang mengajukan pada tahun 2019 lalu," ungkap Camat Malin Deman, Suhapri, SH saat dihubungi radarbengkuluonline.com tadi siang.

Sementara itu, Kades Talang Baru, Dahri Iskandar mengatakan, memang pada tahun ini masyarakat di desanya mendapatkan program replanting sawit sebanyak 57 hektare dari pemerintah kabupaten. Saat ini ada yang sedang dalam proses penebangan sawit yang sudah tidak produktif. "Pelaksanaan penebangan baru mulai seminggu yang lalu. Dan sekarang masih proses penebangan. Untuk luas lahan yang mendapat program replanting di Desa Talang Baru sekitar 57 hektar. Yang terdiri dari satu kelompok tani," jelasnya.

Sambungnya, tahun ini Pemerintah Desa Talang Baru juga mengusulkan ke Dinas Pertanian agar kembali mendapatkan program replanting sawit pada tahun 2021. Jumlah yang diajukan mencapai 100 hektare yang tergabung dalam dua kelompok tani. Dan usulannya sudah dikoordinasikan dengan Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko.

"Usulan untuk tahun depan sekitar 100 hektar. Usulan ini sudah kami konfirmasi ke dinas terkait melalui kabidnya," demikian Kades Talang Baru.(ide)

Tags :
Kategori :

Terkait