Musim Hujan, Potensi Gelombang Laut Tinggi

Kamis 10-09-2020,21:32 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

RBO, BENGKULU - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Provinsi Bengkulu memberikan peringatan dini mengenai potensi gelombang tinggi yang berpeluang terjadi di Bengkulu hingga 3 hari kedepan. Hal ini disampaikan oleh Kepala BMKG Bengkulu, Klaus Damanik Apoh MT. Dimana potensi gelombang tinggi itu berkisar antara 4 meter hingga 5 meter, dan berlaku sejak 10 September hingga - 12 September mendatang.

"Selama tiga hari kedepan gelombang laut tinggi hingga mencapai 4 M di perairan Bengkulu dan Mencapai 5 M di perairan Enggano hingga Samudera Hindia Barat Bengkulu. Kita saat ini memang sudah masuk musim penghujan sejak awal September lalu," ungkap Klaus Damanik, saat dihubungi, kemarin (10/9).

Gelombang tinggi tersebut, kata Klaus dipengaruhi arah angin dari tenggara dengan kecepatan tinggi. Kondisi ini mengakibatkan peningkatan tinggi gelombang di sekitar wilayah Bengkulu, yang perlu diwaspadai masyarakat dipesisir pantai yang kesehariannya bekerja sebagai nelayan. "Kalau bisa dengan adanya prediksi gelombang ini, masyarakat yang kesehariannya sebagai nelayan kita minta untuk tidak dulu melaut," tegas Klaus.

Terlebih, tambah Klaus, saat ini sudah memasuki musim peralihan atau pancaroba dari musim kemarau yang memasuki musim hujan. Maka yang harus diwaspadai karena musim hujan gelombang akan tinggi.

“Potensi hujan kita intensitasnya sedang sampai rendah. Puncak musim penghujan itu diperkirakan Bulan Desember,” pungkas Klaus. (idn)

Tags :
Kategori :

Terkait