4 Desa di Kecamatan Ipuh Upgrade Kapasitas BPD

Kamis 24-09-2020,18:54 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

RBO >>>  IPUH >>>  Pemerintah Desa (Pemdes) Tirta Mulya, Tanjung Jaya, Tanjung Medan dan Pemdes Manunggal Jaya, Kecamatan Ipuh menggelar pelatihan peningkatan kapasitas kinerja Badan Permusyawaratan Desa (BPD) di aula Desa Tirta Mulya pada Kamis,(24/9). Dalam kegiatan tersebut hadir BPD Desa Tirta Mulya, BPD Desa Tanjung Jaya, BPD Desa Tanjung Medan, BPD Desa Manunggal Jaya. Kades Tirta Mulya, Sumadiana, S.Pd, Kades Tanjung Jaya, Pajar Dwi Atmojo, Kades Tanjung Medan, Suyanto, dan Kades Manunggal Jaya Edy Surya juga nampak hadir.

Pelatihan tersebut menghadirkan narasumber dari pihak Kecamatan, dalam hal ini Camat Ipuh, Sepradanur, S.Sos, dan Kasi Ekobag, Hernita, S.Sos (pemateri sesi pertama). Kemudian sesi kedua menghadirkan narasumber dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Mukomuko, dalam hal ini hadir langsung Kepala Dinas PMD, Gianto, SH, Kabag Hukum, Niko Hapri, SH.

Camat Ipuh, Sepradanur, S.Sos dalam sambutannya mengatakan, tujuan utama kegiatan pelatihan ini yaitu memberikan edukasi kepada BPD. Sehingga BPD dan pemerintah desa bisa bersinergi dalam meningkatkan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa. "BPD dan pemerintah desa harus bisa membangun kerjasama yang baik. Kinerja pemerintah desa dan kinerja BPD ini saling berkaitan. Dan saling membutuhkan satu sama lain. Dengan adanya pelatihan ini saya berharap kedepan BPD dan pemerintah desa bisa bekerja sesuai dengan tupoksinya masing-masing," ungkap Sepradanur.

Sementara itu, Kepala Dinas PMD Kabupaten Mukomuko, Gianto, SH mengatakan, BPD harus mengetahui tugas besarnya. Yaitu, melakukan pengawasan terhadap kinerja pemerintahan desa mulai dari pengesahan APBDes dan lain sebagainya. Semua persoalan di tingkat desa harus bisa diselesaikan dalam musyawarah desa. "BPD dan pemerintahan desa harus membangun harmonisasi dalam melaksanakan pekerjaan. Pihak kecamatan dan Kepala Desa harus bisa merangkul BPD. Sehingga semua persoalan desa bisa diselesaikan dalam musyawarah desa. Kecuali kalau tindakan yang sudah kewenangan penegak hukum," jelas Gianto.

Sementara itu, Kepala Desa Tirta Mulya, Sumadian, S.Pd selaku tuan rumah penyelenggara kegiatan pelatihan peningkatan kapasitas BPD mengatakan, semua pemateri yang dihadirkan sangat kompeten. Dia berharap melalui kegiatan pelatihan ini BPD Desa Tirta Mulya, BPD Desa Tanjung Jaya, BPD Desa Tanjung Medan, dan BPD Desa Manunggal Jaya, bisa meningkatkan kapasitas kinerjanya.

"Kegiatan ini merupakan sarana edukasi dan mengevaluasi kinerja kita selama ini. Mulai dari sinergitas Pemerintah Desa dan BPD, kemudian masalah produk hukum desa, dan Tupoksi BPD dalam pengawasan kinerja pemerintah desa. Mudah-mudahan materi yang disampaikan oleh masing-masing pemateri ini bisa bermanfaat buat kita semuanya," demikian Sumadiya.(ide)

Tags :
Kategori :

Terkait