Tebing Kandang Lakukan Pelatihan Linmas

Minggu 27-09-2020,21:07 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

RBO, ARGA MAKMUR - Untuk meningkatkan Kapasitas Anggota Linmas, Pemerintah Desa Tebing Kandang mengadakan pelatihan.

Kegiatan digelar pada Jumat (25/09/2020). Maksud dari kegiatan ini adalah untuk mengoptimalisasi keberadaan Linmas di tengah-tengah masyarakat. Linmas diharapkan mampu melakukan pendekatan yang persuasif, edukatif dan parsitipatif dalam masyarakat.

Tugas pokok dan fungsi Linmas misalnya dalam penanggulangan bencana harus mampu menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

Satuan Linmas harus mampu menjadi pelopor dan penggerak Pengamanan Swakarsa di tengah-tengah masyarakat. Linmas juga didorong untuk membaur dengan kelompok-kelompok masyarakat guna menciptakan situasi tertib, aman dan tentram di wilayah Desa Tebing Kandang khususnya.

Camat Air Napal, Supandi,SH dalam sambutannya mengatakan, bahwa indikator suksesnya pelatihan Linmas adalah meningkatnya kualitas SDM Linmas, menguatnya kelembagaan dan peran serta Linmas, meningkatnya ketahanan masyarakat yang demokratis. Selain itu, lanjutnya, meningkatnya kesiap-siagaan satuan Linmas dan masyarakat dalam penanggulangan bencana, ketenteraman dan ketertiban umum dan meningkatnya kualitas pelayanan dan sumber daya pendukungnya dalam perlindungan masyarakat.

Dalam kesempatan ini juga Kades Tebing Kandang, Leki Ilianto mengatakan, dengan adanya pelatihan peningkatan kapasitas dan dukungan Linmas ini keamanan di Desa Tebing Kandang menjadi terjaga keamanannya."Saya harap Linmas dapat menerapkan apa yang disampaikan oleh narasumber nantinya." Narasumber lain yang ikut memberikan materi, yakni Babin Kamtibmas, Polsek Air Besi. Sinergitas antar pemateri membuat suasana pelatihan lebih kreatif dan interaktif. Kegiatan pelatihan diakhiri dengan pemberian pakaian lengkap Linmas.

Kegiatan ini dihadiri oleh Camat Air Napal, Supandi, SH, Kades Tebing Kandang, Leki Ilianto, Bhabin Kamtibmas, Linmas Tebing Kandang, perangkat Desa Tebing Kandang dan BPD Tebing Kandang. (bri)

Tags :
Kategori :

Terkait