Desa Pasar Ipuh Tetapkan 3 Item Pembangunan Prioritas

Rabu 30-09-2020,18:33 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

RBO >>>  IPUH >>>  Pemerintah Desa (Pemdes) dan Badan Persmusyawaratan Desa (BPD) Pasar Ipuh, Kecamatan Ipuh, menetapkan 3 item pembangunan menjadi skala prioritas Tahun Anggaran (TA) 2021. Yaitu, peningkatan jalan rabat beton (pengaspalan) dengan panjang 2 km, pembangunan sumur bor 8 titik, dan pembangunan jalan rabat beton sepanjang 50 meter. Kesepakatan tersebut diketok dalam Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes) pada Rabu,(30/9).

Kepala Desa (Kades) Pasar Ipuh, Edi Harianto mengatakan, sebelumnya semua usulan dan rencana pembangunan TA 2021 tersebut diusulkan dalam Musyawrah Desa (Musdes) yang dilaksanakan beberapa waktu lalu. Sebenarnya, banyak usulan pembangunan yang disampaikan masyarakat Pasar Ipuh dalam Musdes tersebut. Namun berdasarkan hasil verifikasi hanya tiga pembangunan fisik yang ditetapkan sebagai skala prioritas.

"Berdasarkan hasil survei titik lokasi pembangunan oleh tim verifikasi, ditetapkan 3 item yang menjadi prioritas tahun 2021," ungkapnya.

  Sementara itu, Camat Ipuh Sepradanur, S.Sos yang diwakili kasi Ekobang, Hernita, S.Sos dalam sambutannya mengatakan, dalam kegiatan Musrenbangdes ini akan menetapkan rencana pembangunan fisik yang menjadi skala prioritas. Dimana rencana pembangunan yang menjadi skala prioritas itu nantinya akan disampaikan dalam Musrenbang tingkat kecamatan. "Semua rencana pembangunan yang menjadi skala prioritas ini akan disampaikan dalam Musrenbang Kecamatan mendatang."

Selain dari itu, lanjut Hernita, berdasarkan aturan baru yang dikeluarkan Kementerian Desa (Kemendes), masing-masing desa harus menganggarkan dana untuk tanggap darurat atau penanggulangan bencana. Sebab, sejauh ini belum bisa dipastikan apakah tahun 2021 Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari Dana Desa (DD) masih berlanjut atau tidak. "Seperti anggaran untuk penyaluran BLT, masing-masing desa harus tetap menganggarkannya. Jika tidak digunakan untuk BLT nanti rencana penggunaan anggaran disusun kembali dalam APBD perubahan," demikian Hertina.

Dalam kegiatan Musrenbangdes itu hadir langsung Camat Ipuh yang diwakili Kasi Ekobang, Hernita, Kades Pasar Ipuh beserta jajarannya, Ketua BPD Pasar Ipuh beserta anggotanya, pendamping desa (PD), Pendamping Lokal Desa (PLD), Bhabinkamtibmas, Babinsa, tokoh masyarakat, dan elemen masyarakat lainnya juga tampak hadir dengan mematuhi semua protokol kesehatan.(ide)

Tags :
Kategori :

Terkait