Tahun Depan BUMDes Pasar Ipuh Kembangkan Kolam Ikan

Rabu 30-09-2020,18:37 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

RBO >>> IPUH >>>  Pemdes Pasar Ipuh, Kecamatan Ipuh berencana tahun 2021 mendatang melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) akan ambil alih pengelolaan kolam ikan. Dalam waktu dekat ini 2 unit kolam ikan tersebut akan dikelola dulu oleh kelompok masyarakat yang ada di Pasar Ipuh. Pemdes Pasar Ipuh sudah koordinasi dengan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Mukomuko untuk memberikan bibit gratis.

Dikatakan Kades Pasar Ipuh, Edi Harianto sebelumnya kolam yang tidak jauh dari kantor Desa Pasar Ipuh tersebut sempat tidak dimanfaatkan. Sesuai dengan kesepakatan bersama, pemerintah desa akan memberikan pengelolaan kolam tersebut kepada masyarakat. Saat ini sudah sumur bor milik desa yang berada di kolam dan bisa digunakan untuk memasok air ke kolam ketika musim kemarau. "DKP sudah berjanji untuk membantu memberikan bibit ikan nila. Setelah bibit ikan itu panen nanti barulah kolam tersebut dikembalikan ke BUMDes," terangnya.

Pengelolaan oleh kelompok masyarakat tersebut hanya bersifat sementara, jelang Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) kembali aktif seperti biasa. Disaat pengelolaan oleh kelompok, semua hasilnya boleh diambil dan dibagi oleh kelompok yang mengelola. Tetapi tetap dalam pengawasan pemerintah desa bersama masyarakat lainnya. "Akan kami bentuk dua kelompok untuk mengelola kolam tersebut. Hasilnya dari pengelolaannya tidak perlu diserahkan ke pemerintah desa. Namun kebijakan itu tidak bisa berlangsung lama, karena bisa terjadi kecemburuan sosial nantinya. Oleh karena itu, apabila BUMDes aktif akan diserahkan ke mereka. Mungkin tahun depan, setelah pembentukan pengurus baru," jelas Edi.

Untuk diketahui, saat ini BUMDes Pasar Ipuh belum berjalan secara maksimal karena belum memiliki bentuk usaha yang akan dikembangkan. Tetapi BUMDes Pasar Ipuh telah berbadan hukum dan sudah terdaftar di notaris sesuai peraturan pemerintah pusat. Oleh karena itu BUMDes Pasar Ipuh pasti bakal dikembangkan dengan menciptakan beberapa bentuk usaha.

"Walaupun belum berjalan secara maksimal, tetapi BUMDes kami telah berbadan hukum. Tahun depan BUMDes ini kembali kita aktifkan lagi. Dalam Musrenbangdes kita juga sudah mengusulkan anggaran untuk pengadaan perahu lengkap dengan alat tangkap yang akan dikelola oleh BUMDes," demikian Edi.(ide)

Tags :
Kategori :

Terkait