Camat Air Besi, Lantik Lima Anggota BPD Penyangkak

Kamis 01-10-2020,20:45 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

RBO, ARGA MAKMUR - Camat Air Besi Ajiansyah,A.Ma.Pd. memimpin acara pelantikan lima anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD), pada Kamis (01/10/2020) pukul 09.00 WIB, di aula Kantor Camat Air Besi. Pelantikan anggota BPD Desa Penyangkak untuk masa bakti 2020-2026. Acara dihadiri Kades Penyangkak Hamdan, Babinsa, Staf kecamatan Air Besi dan Kepala Urusan Agama sebagai rohaniawan dan undangan lainnya.

Camat Air Besi Ajiansyah,A.Ma.Pd. pada sambutannya mengatakan proses pemilihan dan pelantikan BPD Desa Penyangkak berjalan lancar, sukses dan sesuai prosedur yang berlaku. "Saya ucapkan selamat kepada BPD yang dilantik dan terimakasih kepada panitia penyelenggara karena BPD merupakan perwujudan demokrasi dalam penyelenggaraan pemerintahan desa. Oleh karenanya anggota BPD diisi berdasarkan keterwakilan wilayah/dusun dan unsur perempuan yang ada di desa tersebut," kata dia.

Ajiansyag menambahkan BPD mempunyai 3 (tiga) kewenangan pokok yaitu : pertama, menyusun dan menetapkan rancangan peraturan desa bersama kepala desa, kedua melaksanakan pengawasan terhadap pelaksanaan peraturan desa dan peraturan kepala desa, ketiga menjaring aspirasi masyarakat kedusunan masing-masing. "Tiga hal pokok tersebut harus dilaksanakan," ujar dia.

Camat Air Besi mengingatkan bahwa tahap pertama yang mesti dilakukan BPD setelah pelantikan adalah membentuk kepengurusan BPD melalui surat keputusan ketua BPD dan disahkan oleh camat. Kepengurusan dimaksud terdiri dari Ketua, Wakil Ketua, Sekretaris, Bidang-bidang dan anggota. Selanjutnya setelah kepengurusan terbentuk BPD tidak serta merta langsung bekerja, akan tetapi harus membuat tata tertib BPD sebagai dasar pedoman pelaksanaan tugas-tugas BPD.

Kades Penyangkak Hamdan mengatakan kepada anggota BPD yang baru mengucapkan selamat atas bertugas pada anggota BPD yang baru. Saya berharap anggota BPD yang baru dapat menjalankan tugasnya dengan sebaik-baiknya dan kepada anggota BPD yang lama saya juga mengucapkan terimakasih atas pengabdiannya selama menjabat sebagai anggota BPD di Desa Penyangkak ini," singkat dia.(bri)

Tags :
Kategori :

Terkait