Bumdes Gading Jaya Berencana Buka Pertades

Minggu 01-11-2020,19:36 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

RBO >>>  SUNGAI RUMBAI >>>  Pemerintah Desa (Pemdes) Gading Jaya, Kecamatan Sungai Rumbai, berupaya mengembangkan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) miliknya. Sebelumnya, memang BUMDes milik Desa Gading Jaya sempat vakum. Namun, tahun depan Pemdes Gading Gaya mendorong BUMDes setempat mulai mengembangkan sayapnya dengan mengembangkan Pertamina Desa (Pertades).

Kades Gading Jaya, Rahamdi saat dikonfirmasi radarbengkuluonline.com mengatakan, usaha Pertades memang strategis untuk mempermudahkan masyarakat desa untuk mendapatkan Bahan Bakar Minyak (BBM). "Rencana kita kedepan memang mendorong BUMDes untuk bergerak dibidang Pertades. Sehingga bisa mempermudah masyarakat desa mendapatkan kebutuhan BBM. Dan BUMDes bisa menghasilan Pendapatan Asli Desa (PADes)," terang Rahmadi.

Untuk pengembangan Pertades, lanjut Rahmadi, tentu BUMDes milik Desa Gading Jaya memerlukan suntikan dana. Tidak menutup kemungkinan tahun depan ada penyertaan modal dari desa untuk pengembangan BUMDes. "Kalau memang membutuhkan suntikan dana, tentu kita dari Desa akan memberikan penyertaan modal. Namun, sejauh ini kita belum bisa memastikan berapa besaran suntikan dana yang diberikan untuk pengembangan BUMdes tersebut. Yang jelas, kita mendorong semua rencana kegiatan yang dikembangkan BUMDes," imbuhnya.

Sementara itu, Plt Camat Sungai Rumbai, Rudi Hartono, SH saat dihubungi mengatakan, pihaknya dari Kecamatan sangat mendorong setiap desa yang mengembangkan BUMDes. Menurutnya, selama ini BUMDes Gading Jaya bisa dikatakan vakum. Dan pihaknya selama ini memang berharap semua BUMDes bergerak dan menggali semua potensi yang ada di desanya masing-masing.

"Kita sangat mendukung untuk pengembangan BUMDes. Beberapa waktu lalu ada beberapa BUMDes yang ada di wilayah Kecamatan Sungai Rumbai ini sempat vakum. Dan sekarang semua pengurus BUMDes yang vakum sudah diinstruksikan untuk bentuk pengurus ulang," demikian Rudi.(ide)

Tags :
Kategori :

Terkait