Meriah, ISI Padang Panjang Tampil di Pembukaan PKD Bengkulu

Jumat 06-11-2020,18:07 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

RBO >>> BENGKULU >>>  Pembukaan Pagelaran Pekan Kebudayaan Daerah (PKD) Bengkulu 2020 yang dibuka secara langsung oleh Plt. Walikota Bengkulu, Dedy Wahyudi, SE, M.M di salah satu hotel di Pantai Panjang kemarin berlangsung meriah. Dalam acara ini menampilkan 8 kesenian dari perwakilan masing-masing Kabupaten/Kota di Provinsi Bengkulu. Namun, lebih spesialnya lagi menampilkan bintang tamu dari Insititut Seni Indonesia (ISI) Padangpanjang, Sumatera Barat.

Dari 8 kesenian yang ditampilkan, seperti Bencolen ART Production, Betino Lagak Belanang, Sanggar Seni Tradisi dan Sarafal Anam Ratu Agung (Sentra), Tari Ikan Panjang dari Kota Bengkulu, Sanggar Seni Seroja Lestari, Tari Rentak Semulen dari Bengkulu Utara, Tristika Kepahiang, Sauk Seluang, Komunitas Kecamatan Air Dikit, Suah Suah Jalan Babiduk, dari Mukomuko, Sanggar Tari Muda Bercarikan, Ngindun Pinggan dari Bengkulu Tengah, Sanggar Seni Seraso Seijoan, Tari Memanjo dari Seluma, Sanggar Tari Gema Serunai, Tari Andun dari Bengkulu Selatan, dan Museum Percussion, Begadisan dari Kaur. Sedangkan untuk bintang tamu yang mengisi acara, mahasiswa ISI Padangpanjang, Permainan Rakyat Ikan-Ikan Sanggar Sema Asyura/RMC, Lagu Daerah Anak Lumang, oleh Cinta Permata Putri.

"Inilah aksi kongkrit dan upaya dari Pemerintah Kota (Pemkot) ikut ambil bagian dalam rangka memajukan seni dan kebudayaan daerah nasional, maupun lokal. Salah satunya, dengan menggelar pagelaran PKD ini, dan juga melibatkan ISI Kota Padangpanjang. Alhamdulillah pagelaran ini banyak direspon pelaku seni dan budaya dengan mendukung untuk memajukan seni dan budaya nasional maupun lokal," ujar Dedy Wahyudi saat diwawancarai radarbengkuluonline.com tadi siang.

Selain itu, Dedy juga membeberkan, bahwa Kota Bengkulu akan menjadi tuan rumah pagelaran PKD tingkat nasional tahun 2021.

"Ya, tahun 2021 mendatang, kita akan menjadi tuan rumah. In sya Allah semua persiapan berjalan lancar dan kita minta dukungannya agar rencana ini bejalan dengan mulus," terangnya.

Terpisah, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kota, Rosmayetti menjelaskan, bahwa PKD ini merupakan salah satu syarat untuk menjadi tuan rumah PKD tingkat nasional.

"Hari ini (Jumat-red), kita menggelar PKD se-Provinsi Bengkulu. PKD ini kita laksanakan sebagai pemenuhan salah satu syarat penggelaran PKD tingkat nasional. Sebenarnya kita ingin PKD ini gauggannya lebih besar. Tetapi karena sekarang masih pandemi Covid-19, makanya hanya melakukan PKD secara daring. Setelah melewati semua audisi beberapa hari lalu, dan dari peserta 10 besar terbaik dari audisi tadi, menampilkan kesenian yang mereka tampilkan saat audisi melalui daring tersebut," kata Rosmayetti.

Pembukaan PDK tersebut, dihadiri Plt Walikota Bengkulu didampingi Kepala Dikbud Kota, Rosmayetti dan Plt Kepala Dikbud Provinsi Bengkulu, Eri Yulian Hidayat, Pembantu Rektor II ISI Padangpanjang, Purwo Prihatin, S.Sn, M.Hum I beserta jajarannya dan tamu undangan yang hadir. (ach)

Tags :
Kategori :

Terkait