Polres Perketat Pengamanan 65 TPS Rawan

Senin 09-11-2020,20:53 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

RBO, SELUMA - Polres Seluma telah memetakan sejumlah wilayah yang rawan terjadi konflik menjelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun pada Pilkada 9 Desember 2020. "Ada beberapa wilayah dan TPS kategori rawan. Untuk mengamankan seluruh wilayah, terutama wilayah rawan konflik Pilkada, Polres Seluma akan mengerahkan dua per tiga dari jumlah total kekuatan personel. Untuk memastikan pengamanan maksimal, Polres Seluma juga akan menggandeng instansi terkait," ujar Kapolres Seluma, AKBP Swittanto Prasetyo, S.IK, Senin (9/11).

Dikatakan Kapolres ada sekitar 450 TPS yang tersebar di 202 Kelurahan/Desa yang berada di wilayah Kabupaten Seluma. Dari 450 TPS tersebut, terdapat tiga Klasifikasi TPS. Yaitu TPS aman sebanyak 385 TPS, TPS rawan sebanyak 65 TPS dan TPS Sangat Rawan untuk saat ini masih nihil. Adapun kerawanan TPS sendiri dikarenakan posisinya TPS cukup jauh dari pengelompokan TPS lainnya, TPS yang secara geografis sangat sulit ditempuh, Komposisi masyarakat basis salah satu paslon dengan memiliki tensi cukup tinggi, TPS berada pada basis pendukung semua calon, Kondisi masyarakat yang heterogen, Adanya sejarah konflik atau protes warga serta daerah sengketa batas wilayah Kabupaten/Kota.

"Polres siap untuk mengantisipasi dan mengamankan lokasi rawan di Pilkada yang mana rata-rata lokasi rawan itu adalah lokasi yang jauh," sampai Kapolres.

Kapolres juga menambahkan, pihaknya pun nantinya akan melakukan sosialisasi dan imbauan dengan mendatangi langsung lokasi TPS rawan tersebut. Serta akan melakukan pemantauan langsung sebelum pelaksanaan Pilkada digelar. Karena dengan dilakukan pengecekan tersebut pihaknya dapat segera dibenahi dan sebagai upaya meminimalisir kerawanan.(One)

Tags :
Kategori :

Terkait