Menguntungkan, BKAD Kecamatan Ipuh Dibentuk

Kamis 12-11-2020,19:41 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

RBO >>>  IPUH >>>  Badan Kerja Sama Antar Desa (BKAD) Kecamatan Ipuh selesai dibentuk Kamis,(12/11) kemarin. Pembentukan BKAD tersebut berdasarkan berita acara keputusan bersama perwakilan masing-masing desa se Kecamatan Ipuh. Dimana BKAD ini berfungsi sebagai wadah kerja sama antar desa, baik itu dari segi pemerintahan desa, pembangunan, pemberdayaan, pembinaan masyarakat dan lain sebagainya.

Camat Ipuh, Sepradanur, S.Sos dalam kesempatan itu mengatakan, kerja sama pemerintah desa se Kecamatan Ipuh selama ini sudah ada. Yaitu Unit Pengelola Kegiatan (UPK) Simpan Pinjam Perempuan (SPP) di bawah naungan BKAD.

"Sekarang kita bentuk lagi BKAD khusus untuk mengoptimalkan pemerintahan desa, pembangunan, dan kegiatan pemberdayaan masyarakat desa. BKAD UPK-SPP yang lama tetap bergerak dibidang simpang pinjam," sampai Camat.

Melalui forum BKAD ini, desa bisa bekerja sama dengan baik. Dan bisa lebih hemat anggaran dalam penyelenggaraan kegiatan di desa. Contohnya seperti pembangunan gapura atau pembatas desa. Misalkan desa Pasar Ipuh membuat gapura di perbatasan Desa Pasar Baru. Kedua desa ini bisa bekerja sama membangun satu gapura dengan ucapan dan tulisan yang sama. Dan tidak mesti harus dua gapura yang dibangun. "Melalui BKAD ini desa bisa saling berkoordinasi terkait dengan pembangunan mau pun yang lainnya," imbuhnya.

Sambungnya, demikian juga dengan kegiatan pemberdayaan dan pelatihan. 16 Desa di Kecamatan Ipuh ini bisa bekerja sama dengan membuat kegiatan pelatihan disatu tempat. Peserta pelatihan dihadiri perwakilan masing-masing desa.

"Kerja sama kegiatan pelatihan ini sudah pernah dilakukan oleh Desa Tirta Mulya, Desa Tanjung Jaya, Desa Tanjung Medan, dan Desa Manunggal Jaya. Dengan adanya kerjasam seperti ini, desa bisa hemat anggaran untuk melaksanakan kegiatan pelatihan dan kegiatan pemberdayaan lainnya," demikian Camat.

Sementara itu, Kasi Ekobang Kecamatan Ipuh, Hernita, S.Sos menambahkan, berdasarkan keputusan bersama dalam rapat pembentukan kepengurusan BKAD Kecamatan Ipuh, yang tertuang dalam berita acara hari Kamis, 12 November 2020, Ketua BKAD Kecamatan Ipuh dijabat oleh, Purnama, Sekretaris dijabat oleh Edy Surya, dan Bendahara dijabat oleh Uswatun Hasanah. Pemilihan Ketua, Sekretaris, dan Bendahara dilakukan secara aklamasi dan terbuka.

"Tahun depan BKAD Kecamatan Ipuh harus mulai bergerak dibidang pelatihan. Dengan membentuk panitia pelaksana bersama," demikian Hernita.(ide)

Tags :
Kategori :

Terkait