Harga Sawit Terus Bergerak Menuju Rp 2.000 per Kilogram

Minggu 20-12-2020,18:33 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

RBO >>>  MUKOMUKO >>>  Harga tandan buah segar (TBS) atau buah kelapa sawit di Kabupaten Mukomuko betul-betul menjadi "obat" bagi perekonomian di daerah ini pasca sempat goyang terimbas pandemi Covid-19 beberapa bulan lalu.

Harga sawit di belasan pabrik CPO di Mukomuko terus bergerak menanjak menuju angka Rp 2.000 per kilogram. Jika sempat naik terus, bukan tidak mungkin, masyarakat di daerah ini akan mencicipi harga sawit sebesar Rp 2.000 per kilogram.

Berdasarkan rilis dari Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Mukomuko, seluruh pabrik CPO yang menampung sawit masyarakat, saat ini membeli sawit dengan harga di atas Rp 1.700 per kilogram. Bahkan satu pabrik, yaitu PT. USM menghargai sawit masyarakat sebesar Rp 1.840 per kilogram.

"Alhamdulillah harga sawit terus naik. Semuanya pabrik sudah membeli sawit masyarakat di atas Rp 1.700. Bahkan ada yang di atas Rp 1.800," ungkap Kasi Kemitraan dan Perizinan, Bidang Perkebunan, Distan Mukomuko, Sudiyanto kepada radarbengkuluonline.com  kemarin.

Dengan harga sawit di tingkat pabrik seperti itu, dapat dipastikan harga sawit di tingkat petani berkisaran Rp 1.600 per kilogram. Harga segitu, kata Sudiyanto, sudah terbilang tinggi jika dibandingkan harga sebelumnya. "Walaupun begitu kita berharap, harga sawit terus naik. Kalau bisa kan, di tingkat petani bisa Rp 2.000 per kilogram," kata Sudiyanto.

Dengan harga sawit saat sekarang ini tinggi, menurut informasi dari pihak-pihak ekonomi, sebut Sudiyanto, perekonomian masyarakat juga membaik. Efeknya berpengaruh secara menyeluruh kepada masyarakat daerah ini. "Istilahnya itu, kalau menurut orang ekonomi, daya beli masyarakat meningkat. Sehingga orang yang jual gorengan juga laku. Yang jual baju juga laku, dampak positif terhadap ekonominya juga bagi orang yang tidak memiliki kebun sawit. Dampaknya menyeluruh," pungkasnya.

Untuk diketahui, harga sawit di pabrik-pabrik di Mukomuko berdasarkan rilis Distan saat ini, PT. SAPTA Rp 1.740, PT. KSM Rp 1.750, PT. MMIL Rp 1.750, PT. SSS Rp 1.740, PT. SAP Rp 1.720, PT. KAS Rp 1.710, PT. DDP Rp 1.770, PT. USM Rp 1.840, PT. BMK Rp 1.790, PT. GSS Rp 1.750 per kilogram. (sam)

Tags :
Kategori :

Terkait