Dinkes Provinsi Terima 10 Ribu Rapid Test Antigen dari BNPB Pusat

Rabu 23-12-2020,18:38 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

RBO >>> BENGKULU >>>  Kabid Pelayanan dan Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Dinkes Provinsi Bengkulu, Drg. Erdiwan Mansyur, MM mengatakan, saat ini pihaknya mendapat bantuan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Pusat berupa rapid test antigen sebanyak 10 ribu.

"Alhamdulillah, kita mendapat membantu dalam memenuhi kebutuhan rapid test. Bantuan tersebut, nantinya akan didistribusikan ke Polda, rumah sakit, dan pihak-pihak yang membutuhkan. Sebanyak 10.000 rapid test antigen didistribusikan ke 3000 rapid test ke Polda dan 7000 rapid test di Dinkes Kabupaten/Kota, Rumah Sakit yang ada di Kabupaten/Kota," ujar Drg. Erdiwan kepada radarbengkuluonline.com tadi siang.

Dijelaskannya, rapid test antigen ini, merupakan salah satu pengujian Covid-19, dengan mendeteksi protein virus (antigen). Berbeda dengan rapid test antibodi, yang biasanya menggunakan sampel darah, rapid test antigen menggunakan sampel lendir yang diambil dari dalam hidung ataupun tenggorokan. Metode yang digunakan seperti pengambilan swab nasofaring atau orofaring.

Menurutnya, rapid test antigen ini dinilai lebih akurat dibandingkan tes antibody. Sebab, dapat mengidentifikasi virus dalam sekresi hidung dan tenggorokan. Namun, tes jenis ini hanyalah bagian dari screening awal. Hasilnya tetap lebih akurat di tes Lab PCR.

"Meskipun sama-sama mengambil sampel dari hidung dan tenggorokan, tes PCR memakan waktu yang lebih panjang dan prosedur yang lebih rumit dalam pemeriksaan sampelnya," tutupnya. (ach)

Tags :
Kategori :

Terkait