Hasil Pleno Golkar, PAW Imron Sesuai UU

Senin 04-01-2021,18:45 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

PAW Partai Demokrat Tinggal Tunggu Jadwal Pelantikan

RBO >>>  BENGKULU >>>  DPD Partai Golkar Provinsi Bengkulu telah melakukan pleno terkait proses Pergantian Antar Waktu (PAW) Dr Ir H. M Imron Rosyadi M.Si. Dimana menurut Ketua Fraksi Golkar Provinsi Bengkulu, dalam pleno telah diputuskan proses PAW akan dilakukan sesuai dengan mekanisme dan peraturan Undang-Undang (UU) yang berlaku. “Tadi malam, rapat pleno PAW sudah dilaksanakan. Dalam rapat pleno semua sependapat bahwa semua dilakukan sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku. Dalam UU MD3 itu sudah jelas bahwa apabila seseorang mengundurkan diri, wafat atau mati dari jabatannya, maka akan dilakukan pergantian oleh peraih suara terbanyak di bawah yang bersangkutan,” ungkap Sumardi saat ditemui  radarbengkuluonline.com, Senin (4/1).

Untuk proses PAW itu sendiri, lanjut Sumardi, alurnya nanti Partai Golkar akan ke KPU Provinsi Bengkulu terlebih dahulu. Setelah itu baru proses selanjutnya menyampaikan ke pimpinan DPRD. “Kalau harapan kita memang pelantikan PAW itu nanti serentak. Bareng dengan PAW dari Partai Demokrat untuk pergantian Edison Simbolon. Sebab itu, kita tunggu prosesnya di partai terlebih dahulu. Harapan kita juga, setelah pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih PAW sudah selesai. Yang jelas kita menginginkan itu cepat. Sebab, semakin cepat akan semakin baik bagi Fraksi Partai Golkar. Karena sekarang kita anggota Fraksi Golkar hanya berenam. Sedangkan kalau penuh itu kita ada tujuh,” pungkas Sumardi.

Sebelumnya diketahui, dalam sertifikat rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara calon anggota DPRD Provinsi Bengkulu, pada Pileg 2019 yang terdapat dalam model DC1-DPRD Provinsi Bengkulu. Partai Golkar dengan nomor urut 4, di Daerah Pemilihan 2 yakni Kabupaten Bengkulu Utara dan Bengkulu Tengah memiliki 8 Calon Legislatif (Caleg) dan mengantongi total sebanyak 31.331 suara.

Dari total itu diketahui partai meraih 4.771 suara. Kemudian untuk Calegnya terbanyak pertama yakni Imron Rosyadi dengan raihan 14.725 suara, Raharjo Sudiro meraih 4.083 suara, Sunandar 2.541 suara, Malniarti 2.189 suara, Eka Septo 1.433 suara, Eva Eliyani 910 suara, Juwita 415 suara, dan Suliyanto 264 suara.

Adapun dari Calon PAW Partai Demokrat, Risman Sipayung yang kebetulan sedang berada di DPRD Provinsi saat ditanyai dia mengatakan untuk proses PAW dirinya sudah selesai. Tinggal menunggu jadwal pelantikan dari DPRD. “Mungkin pelantikannya tidak serentak. Karena, jika menunggu yang dari Golkar nampaknya masih butuh waktu. Sedangkan yang kita dari Partai Demokrat sudah lengkap syarat dilakukan PAW,” singkat Risman Sipayung. (idn)

Tags :
Kategori :

Terkait