Desa-Desa di Ketahun Masih Tunggu Petunjuk Penyusunan APBDes

Senin 11-01-2021,00:24 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

RBO >>> ARGA MAKMUR >>>  Sukses merealisasikan seluruh kegiatan dana desa tahun lalu, saat ini desa di Kecamatan Ketahun masih menunggu petunjuk dalam penyusunan APBDes TA 2021. Saat dikonfirmasi ke Camat Ketahun Kadino S.Sos melalui Kasi PMD, Puji Widodo mengatakan, seluruh desa di wilayah kerjanya telah rampungkan semua kegiatan yang bersumber dari dana desa tahun angaran 2020 lalu. Dan saat ini desa disibukan dengan rekon laporan keuangan di tingkat kabupaten sembari menunggu petunjuk untuk penyusunan APBDes TA 2021.

" Alhamdulilah kegiatan dana desa tahun lalu telah rampung dikerjakan oleh desa di wilayah kerja Kecamatan Ketahun. Untuk saat ini desa masih menunggu petunjuk penyusunan APBDes," ungkap Puji kepada radarbengkuluonline.com tadi siang.

Saat disingung terkait masih adanya penyaluran BLT DD bagi warga miskin yang terdampak pandemic Covid-19 TA 2021, beliau menjelaskan penyaluran BLT DD untuk tahun 2021 memang masih ada. Namun keluarga penerima manfaat (KPM) hanya yang tidak terakomodir oleh peralihan ke BST pos tahun lalu dan diminta untuk bisa diangarkan tahun ini.

" Untuk BLT DD di tahun ini masih ada, namun tidak semua data desa yang tahun lalu menerimanya. Hanya keluarga penerima manfaat (KPM) uang belum terakomodir saat nanti peralihan ke BST pos tahun lalu saja," kata Puji.

Puji pun menjelaskan mekanisme penentuan keluarga penerima BLT DD tersebut, yakni desa akan melakukan musdesus dan sekaligus musdes penyusunan APBDes. Beliau pun berharap data yang digunakan saat penentuan penerima BLT DD TA 2021 ini nanti masih menggunakan data sisa yang lama. Yaitu data penerima yang tidak terakomodir saat peralihan ke BST pos. Namun tentu nantinya tidak menutup kemungkinan jumlah penerima BLT DD bisa saja berkurang atau pun bertambah apabila masih ada warga yang seharusnya layak mendapat bantuan tersebut, tapi tidak terdata ditahun kemarin. " Nanti desa akan sekaligus laksanakan musdesus untuk penentuan keluarga penerima bantuan BLT DD dan juga untuk penyusunan APBDes TA2021. Untuk jumlah keluarga penerima nantinya bisa saja berkurang, baikpun bertambah,apabila masih ada warga yang layak menerima bantuan tersebut namun tak terdata di tahun lalu.'' (bri)

Tags :
Kategori :

Terkait