Simulasi AKM Mandiri Siswa Akan Digelar di Kota Bengkulu

Kamis 21-01-2021,19:40 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

RBO >>>  BENGKULU >>>  Ketua Koordinator Ujian Nasional (UN) Dikbud Kota, Huteman Mulyadi, M.Si mengatakan, sebagai penganti UN ditahun ini, pihaknya sedang mempersiapkan pelaksanaan ujian Asesmen Kompetensi Minimun (AKM) untuk siswa Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP). Rencananya, Dikbud Kota akan mengadakan simulasi AKM secara bersama di Kota Bengkulu. Asesmen kompetensi ini, juga melihat sejauhmana persiapan dan kualitas para siswa dalam menghadapi soal ujian yang bersifat literasi dan numerasi.

"Kami bersama dengan Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP dan Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) SD di Kota Bengkulu memang ada rencana akan mengadakan AKM bersama bagi siswa kelas 9 tingkat SMP dan kelas 6 tingkat SD," ujar Huteman kepada radarbengkuluonline.com, Kamis (21/1).

Apalagi, Huteman juga ditunjuk sebagai Ketua Koordinator AKM di Dikbud Kota, sehingga dia juga sudah tau berapa persen persiapan siswa di Kota Bengkulu dalam menghadapi AKM. Walaupun, AKM ini diusulkan untuk siswa kelas 5 di tingkat SD dan kelas 8 di tingkat SMP.

Selain itu, tentor disetiap sekolah dalam persiapan AKM juga sudah dibentuk. Baik dari guru pengajar, dan para operator ujian. "Untuk tingkat SMP, ada empat mata pelajaran yang ujikan. Yaitu Bahasa Indonesia, bahasa Inggris, matematika dan ilmu pengetahuan alam (IPA).

Sedangkan, tingkat SD ada tiga mata pelajaran. Persiapan ini, akan terus dimatangkan. Ini mengingat waktu ujian sebentar lagi digelar. Diawali dengan pelaksanaan ujian praktik dan diakhiri AKM bersama. In sya Allah, pelaksanaannya di awal April 2021," tutupnya. (ach)

Tags :
Kategori :

Terkait