Sayang, Pantai Panjang Masih Ada Sampah Berserakan

Senin 25-01-2021,15:05 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

RBO >>>  BENGKULU >>> Pantai Panjang adalah salah satu wisata yang berada di Kota Bengkulu. Pantai Panjang juga merupakan icon Kota Bengkulu, dimana banyak para wisatawan berkunjung untuk menikmati keindahan alamnya. Tapi, sayang. Keindahannya sedikit terganggu  karena  sampah yang berserakan di sekitar pantai tersebut. Bahkan, di dekat warung-warung yang menjual makana dan minuman.

Salah seorang  wisatawan lokal dari Bengkulu Utara , Rizki Putra (27) mengatakan bahwa Pantai Panjang ini pemandangannya bagus." Namun, sangat disayangkan masih ada  sampah berserakan. Pantai Panjang sendiri kan tempatnya orang berwisata, jadi, jangan sampai hendaknya  sampah jangan berserakan. Ini pastinya membuat orang - orang yang ingin berwisata  kurang nyaman. Akibatnya, orang malas lagi datang nanti, ” ujar Rizki kepada radarbengkuluonline.com saat berkunjung ke Pantai Panjang  Senin, [25/1]. Kedepan, lanjutnya, bukan itu saja,  pemerintah dan masyarakat hendaknya memperhatikan hal ini. Perlu ada kerjasama untuk merawat tempat wisata ini. Kalau tempatnya bersih, orang senang. Nanti, dia akan datang lagi dan mengajak orang lain berkunjung. "Harapan saya,  pemerintah agar lebih lagi memperhatikan tempat wisata, baik dari segi pembangunan ataupun dari segi kebersihan. Sedangkan untuk masyarakat dan juga pedagang pun juga bisa membantu menjaga kebersihan wisata Pantai Panjang,” ujar Rizki.

Hal senaga juga diungkapkan, Rama (28), wisatawan asal Kepahiang. Soal kebersihan pantai itu memang utama. Karena itu, harus dijaga. Jangan buang sampah sembarangan. Wisatawan juga tak boleh buang sampah seenaknya. “Pantai yang kotor ini semuanya tergantung dengan kita semua. Yaitu, pedagang, masyarakat, pemerintah. Kalau masyarakat sendiri masih belum sadar dengan membuang sampah dengan bijak, maka pantai ini tidak akan bersih. Ketika kita memikirkan kondisi pantai seperti ini, maka lakukanlah dari diri sendiri. Caranya, jangan membuang sampah dengan sembarangan. Jangan buang sampah ke sungai. Karena aliran tersebut langsung mengarah ke pantai. Ketika hujan, sampah- sampah tersebut akan mengalir langsung ke muara dan akhirnya terserat ke tepi pantai,'' ujar Rama saat berkunjung ke Pantai Panjang tadi siang.

Jadi, lanjutnya,  sampai kapanpun pantai tidak akan bersih. Jadi, lakukanlah dengan kesadaran diri sendiri . ''Pemerintah mungkin  sudah bekerja  untuk pantai, akan tetapi tidak ada salahnya juga mengajak semuanya masyarakat untuk berpartisipasi menjaga kebersihan pantai ini. Harapan saya semoga masyarakat sadar sampah itu tidak akan pernah hilang kalau kita selaku masyarakat masih membuang sampah semaunya saja ,” ujar Rama.(Mg-3)

Tags :
Kategori :

Terkait