Revitalisasi Rumah Ibu Fatmawati, BNI Digeser ke Jalan Pembangunan

Rabu 27-01-2021,19:39 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

RBO >>> BENGKULU >>>  Rencana Pembangunan Persada Agung Fatmawati Soekarno di kawasan Simpang 5 Kota Bengkulu, tepatnya di lokasi Kantor BNI 46 Cabang Bengkulu segera terwujud. Sebab telah mendapatkan sambutan baik dan dukungan dari Manajemen Bank BNI 46 Cabang Bengkulu. Selain itu keluarga Fatmawati juga setuju.

Kepala Biro Pemkesra Setda Provinsi Bengkulu, H. Edie Hartawan mengungkapkan, rencana pengembalian lokasi kediaman pahlawan nasional Ibu Agung Fatmawati ini dan atas dasar sosialisasi kepada BNI 46 Bengkulu, Pemprov Bengkulu telah menyiapkan lahan pengganti lokasi Kantor BNI 46 Bengkulu. Yaitu di Eks Kantor PT Bengkulu Mandiri di Jalan Pembangunan Simpang Padang Harapan Kota Bengkulu seluas 1.093 M².

Selain itu, atas permintaan Manajemen BNI 46 Bengkulu, Pemprov Bengkulu segera melayangkan surat kepada BNI 46 pusat terkait usulan lokasi pemindahan kantor cabang ini.

"Sesuai dengan ketentuan dan kesepakatan, kita akan berkorespondensi membuat surat resmi ke BNI, agar mereka bisa menindaklanjuti harapan atau permintaan dari Pemprov Bengkulu," jelas Edie Hartawan usai pimpin Rapat Rencana Revitalisasi Kediaman Ibu Agung Fatmawati, di Ruang Rapat Rafflesia Kantor Gubernur Bengkulu, Rabu (27/1).

Kemudian lanjut Edie Hartawan, terlebih rencana revitalisasi ini merupakan Program 100 hari Kerja Gubernur Bengkulu Dr H. Rohidin Mersyah untuk Bidang Kebudayaan, diharapkan usulan tersebut bisa segera ditindaklanjuti. "Kita harapkan dapat segera ditindaklanjuti oleh pihak BNI 46 Cabang Bengkulu ke BNI 46 pusat nantinya," harap Edie.

Terkait hal tersebut, disampaikan Wakil Pimpinan BNI 46 Cabang Bengkulu Supriyanto, pada prinsipnya pihaknya siap mendukung rencana Pemprov Bengkulu.  Namun terhadap usulan pemindahan lokasi kantor cabang, disampaikan Supriyanto, pihaknya akan menyampaikan terlebih dahulu ke BNI pusat serta melakukan beberapa kajian.

"Jadi, ini akan kita sampaikan dulu ke pusat. Seperti apa tanggapannya dan akan kita kaji dulu. Prinsip kami dari BNI Bengkulu siap mensupport apa yang menjadi kebijakan pemerintah daerah," dukungnya.

Sementara itu, diketahui Revitalisasi Persada Ibu Agung Fatmawati ini, sejak 2019 lalu telah mendapatkan dukungan dan persetujuan dari berbagai pihak. Seperti dari Kemenko PMK RI terkait dukungan pendanaan serta dari pihak keluarga Bung Karno dan para tokoh masyarakat dan pemuka adat Provinsi Bengkulu terkait pelestarian budaya.

Dari salah seorang keturunan keluarga Fatmawati Soekarno di Bengkulu, Razianova Gafoer saat ditanyakan terkait revitalisasi dan akan dibangunnya Persada Agung Fatmawati Soekarno di lokasi awal yang kini jadi gedung BNI 46 Cabang Bengkulu, Bang Nanok --panggilan akrabnya-- mengatakan mendukung jika memang itu yang terbaik.

"Pada prinsipnya kami mendukung keputusan tersebut jika itu memang yang terbaik untuk kita semua. Kami yakin rencana revitalisasi ini sudah melalui pembicaraan sebelumnya," kata  Nanok. (idn)

Tags :
Kategori :

Terkait