Desa Marga Mulya Sakti Tingkatkan SDM BUMDes

Minggu 31-01-2021,19:08 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

RBO >>>  PENARIK >>>  Pemerintah Desa (Pemdes) Marga Mulya Sakti (MMS), Kecamatan Penarik, terus berupaya kembangkan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) miliknya. Tahun ini pihaknya berencana fokus meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) pengurus BUMDes. Saat ini BUMDes Marga Karya milik Desa MMS tersebut sudah bergerak di bidang usaha simpan pinjam, jual beli gas, dan agen BRILINK.

Kepala Desa (Kades) Marga Mulya Sakti, Suhartono, S.Pt mengatakan, untuk menjalankan dan mengembangkan usaha milik tersebut, tentu membutuhkan SDM mumpuni. "Usahanya sudah jalan. Tapi, masih dikatakan belum berjalan maksimal. Kendalanya adalah kemampuan SDM. Untuk memaksimalkan usaha milik BUMDes tersebut, kita akan berupaya untuk meningkatkan kualitas SDM atau pengurus BUMDes," ucap Suhartono kepada radarbengkuluonline.com kemarin.

Selama usaha BUMDes ini berjalan, lanjut Suhartono, ia mengaku belum bisa memberikan atau menyumbang untuk Pendapatan Asli Desa (PADes). "Sejauh ini BUMDes belum bisa menghasilkan PADes. Tetapi usahanya masih tetap berjalan. Kita dari Pemdes terus memberikan dukungan, sehingga BUMDes Marga Karya ini bisa berkembang dan menghasilkan PADes," jelas Suhartono.

Ditambahkannya, untuk suntikan dana atau memberikan penyertaan modal untuk pengembangan usaha BUMDes sudah pernah dilakukan. Artinya, modal usaha sudah diberikan Pemdes. Namun, sejauh ini usahanya belum berjalan maksimal.

"Penyertaan modal sudah pernah, tahun kemarin kita memberikan suntikan dana sebanyak Rp 39 juta untuk usaha BRILINK. Kita belum fokus pada PADes. Kita masih fokus bagaimana meningkatkan SDM pengelola BUMDes ini," demikian Suhartono.(ide)

Tags :
Kategori :

Terkait