UAS SMK Digelar Secara Daring

Selasa 02-02-2021,19:55 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

RBO >>>  BENGKULU >>>  Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Kota Bengkulu, Dr. Paidi, M.TPd mengatakan, untuk Ujian Akhir Sekolah (UAS) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) kelas XII rencananya akan digelar secara daring (online). Ini sesuai dengan instruksi dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi. "Beberapa hari yang lalu sudah ada imbauan dari Dikbud Provinsi untuk penyiapkan soal UAS. Jadi, kemungkinan soalnya dari pihak Provinsi akan disamakan. Rencanannya untuk SMK di Kota Bengkulu ujiannya melalui daring, dengan aplikasi yang sudah kami sediakan," ujar Paidi kepada radarbengkuluonline.com , Selasa (2/2).

Kalaupun nantinya pelaksanaan ujian digunakan di Lab komputer sekolah, pihaknya mengimbau untuk membatasi jumlah siswa yang datang ke sekolah. Dalam satu hari hanya 10 siswa yang ikut ujian. Artinya, setiap siswa bergantian. Inikan juga baru uji coba. Kalau efektif akan terus diterapkan di UAS tahun berikutnya.

"Untuk pelaksanaan UAS nanti, terkait sistem ujiannya akan dikembalikan ke sekolah masing-masing. Mau ujian daring atau tatap muka di sekolah. Sebenarnya, lebih efektif ujian daring. Sebab lebih efisien anggaran sekolah. Tidak perlu potocopy soal, bertambahan kemampuan IT, baik guru dan siswa," jelasnya.

Sedangkan untuk pembuatan soal, setiap Kabupaten/Kota akan membuat soal ujian. Nanti soal-soal itu akan diseleksi di tingkat Provinsi. Jadi, soal tersebut, mewakili seluruh kemampuan masing-masing daerah. "UAS akan digelar pada bulan Maret 2021 mendatang," tutupnya. (ach)

Tags :
Kategori :

Terkait