Pertengahan Maret Petani Selagan Mulai Garap Sawah

Senin 01-03-2021,19:04 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

RBO >>>  SELAGAN RAYA >>>  Petani di Kecamatan Selagan Raya, Kabupaten Mukomuko pertengahan Maret mulai turun ke sawah. Saat ini, mereka mulai membersihkan lahan persawahan pasca panen awal Januari kemarin. Selain itu, membersihkan irigasi saluran air. Bahkan di kawasan Sungai Pele Desa Talang Buai, dalam waktu dekat ini mulai membajak lahan untuk lokasi penyemaian benih padi. Petani Selagan Raya menargetkan Musim Tanam (MT) selesai satu minggu menjelang Ramadan mendatang.

Para petani Kecamatan Selagan Raya berharap pemerintah bisa menjamin stok ketersediaan pupuk bersubsidi dalam musim ini. Seperti pupuk jenis urea, phonska, SP36 dan jenis pupuk lainnya. Jika stok pupuk aman, hasil panenpun bisa meningkat dari tahun sebelumnya. Saat ini pupuk Phonska jarang ditemukan di wilayah Kecamatan Selagan Raya.

"Mungkin petani wilayah Talang Lubuk Panjang Desa Talang Buai juga serentak turun ke sawah pada pertengahan Maret ini. Yang dikhawatirkan para petani saat ini ketersediaan pupuk," ucap salah satu petani Desa Talang Buai, Pitardi kepada radarbengkuluonline.com tadi siang.

Petani padi di Kecamatan Selagan Raya khususnya di Desa Talang Buai, tampak bersemangat turun ke sawah musim ini. Sebab, mayoritas hasil panen para petani musim terakhir memuaskan. Berbeda dengan musim kedua tahun 2020 lalu, semua hasil panen mengecewakan. Para petani berharap musim ini lebih baik dari musim kemarin.

"Harapan kita musim ini lebih baik lagi. Dan membawa berkah dan keberuntungan untuk semua petani padi di Selagan Raya," ucapnya.(ide)

Tags :
Kategori :

Terkait