Talang Buai Ikut Lomba Desa Wisata se-Provinsi Bengkulu

Rabu 31-03-2021,19:12 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

Ada Bunga Raksasa, Air Terjun, Kebun Duren, Goa Sarang Harimau dll

RBO >>>  SELAGAN RAYA >>>  Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu, Dinas PMD Provinsi Bengkulu dan Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Mukomuko turun langsung ke Desa Talang Buai, Kecamatan Selagan Raya pada Rabu,(31/3) kemarin. Kedatangan mereka dalam rangka mensosialisasikan kegiatan lomba desa wisata tingkat Provinsi Bengkulu. Mereka menilai Desa Talang Buai kaya potensi wisata alam. Diantaranya memiliki air terjun sungai enau, spot foto, jembatan gantung, dan memiliki lahan persawahan ratusan hektar. Semua potensi wisata tersebut tinggal dikembangkan. Dengan adanya potensi itu Desa Talang Buai bisa mengikuti lomba desa wisata tingkat Provinsi Bengkulu yang dilaunching bulan April ini.

Kepala Bidang Pariwisata Provinsi Bengkulu, G. Aritonang dalam sambutannya mengatakan, tahun ini Pemerintah Provinsi Bengkulu menggelar lomba desa wisata dalam rangka 100 hari kerja gubernur Bengkulu. Kegiatan ini diikuti oleh 10 Kabupaten Kota se Provinsi Bengkulu.

"Pada saat awal saya masuk ke Desa Talang Buai ini sudah menemukan lokasi spot foto instgramable yang bagus. Selain dari itu Desa Talang Buai punya air terjun. Saya kira dengan potensi yang ada ini bisa mengikuti lomba desa wisata tingkat Provinsi Bengkulu. Tetapi saya berharap masyarakat Talang Buai bisa menjaga dan mengembangkan dengan baik. Sehingga kedepan wisata di Desa Talang Buai ini bisa terkenal," sampainya saat berdialog dengan tokoh masyarakat Desa Talang Buai kemarin.

Sementara itu, Kepala Disparpora Kabupaten Mukomuko, Apriansyah juga mengatakan, untuk wilayah Kecamatan Selagan Raya ini ada empat desa yang ditetapkan sebagai desa wisata. Yaitu, Desa Talang Buai, Desa Suryan Bungkal, Desa Sungai Gading dan Desa Lubuk Bangko. Dari empat desa itu, Desa Talang Buai lebih banyak memiliki potensi pariwisata yang bisa dkiembangkan. "Mudah-mudahan dalam kegiatan ini Desa Talang Buai bisa masuk dalam urutan 10 besar. Sehingga potensi wisata yang ada di Desa Talang Buai bisa dikenal daerah lain," demikian kata Apriansyah.

Dalam kesempatan yang sama, salah satu tokoh masyarakat Desa Talang Buai, Ma'das mengatakan, dari 12 desa yang ada di Kecamatan Selagan Raya ini, Desa Talang Buai memiliki lebih banyak potensi wisata alam. Namun, yang menjadi kendala dalam pengembangan potensi wisata ini adalah kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang belum mumpuni. Sehingga potensi wisata yang dimiliki Desa Talang Buai ini belum dikelola dengan masksimal. "Saya sebagai sesepuh masyarakat Desa Talang Buai, sangat berharap potensi wisata ini bisa dikelola dengan baik. Sehingga wisata tersebut bisa menghasilkan Pendapatan Asli Desa (PADes)," imbuh Ma'das.

Kunjungan sosialisasi lomba desa wisata itu, hadir langsung Kabid Pariwisata Provinsi Bengkulu, G. Aritonang, Plt Sekretaris Dinas Pemberyaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Provinsi Bengkulu, Oka Trizinata, ST, Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Mukomuko, Aprinsyah, ST, MT beserta Kabid Pariwisata, Reni Yulia, S.S.

Kedatang mereka ini disambut antusias tokoh masyarakat Desa Talang Buai, dengan mempersembahkan masakan khas Desa Talang Buai. Yaitu Nasi Lemak Gula Aren Merah. Dan diakhiri dengan memperagakan tarian gandai binaan Sanggar Tiga Saudara.(ide)

Tags :
Kategori :

Terkait