Talang Buai Harus Bentuk Pokdarwis

Jumat 02-04-2021,19:00 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

Untuk Kelola Potensi Wisata

RBO >>> SELAGAN RAYA >>>  Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahrga (Disparpora) Kabupaten Mukomuko berharap di Desa Talang Buai ada Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis). Sebab, wilayah Desa Talang Buai banyak potensi wisata alam yang cukup menarik. Diantaranya, lokasi spot foto, wisata air terjun, bunga raksasa, goa harimau, memiliki tradisi adat istiadat dan seni budaya yang unik.

Selain dari itu Desa Talang Buai juga memiliki produk tradisional dan permainan tradisional. Sejauh ini semua potensi wisata tersebut belum dikelola dengan maksimal oleh pemerintah desa setempat. Padahal jika potensi wisata ini dikelola dengan maksimal, dipastikan bisa menjadi sumber pendapatan desa. Dan secara tidak langsung juga bisa meningkatkan perekonomian masyarakat desa. Selain dari potensi wisata alam dan tradisi adat istiadat yang unik, Desa Talang Buai juga penghasil buah duren yang cukup banyak dan penghasil gabah dengan memiliki lahan persawahan ratusan hektar.

"Pemuda Desa Talang Buai harus bergerak. Generasi Talang Buai harus membawa perubahan. Karena dengan potensi wisata alam yang dimiliki desa Talang Buai bisa maju pesat," kata salah satu tokoh masyarakat Desa Talang Buai, Ma'das.

Sementara itu, Kepala Disparpora Kabupaten Mukomuko, Apriansyah, ST, MT mengatakan, pihaknya dari Disparpora Kabupaten Mukomuko mendorong masyarakat Desa Talang Buai membentuk Kelompok Sadar Wisata. Sehingga kedepan Desa Talang Buai memiliki wadah untuk mengelola dan mengembangkan potensi wisata yang dimiliki Desa Talang Buai. Selama ini Pemerintah Desa dan karang taruna belum bisa mengelola potensi wisata ini dengan maksimal. Jadi, dengan adanya Pokdarwis wisata semua potensi wisata yang ada di Desa Talang Buai bisa dikelola dengan maksimal.

"Saya berharap kedepan ada kesadaran dari masyarakat untuk membentuk Pokdarwis. Dan mampu mengelola potensi wisata yang ada di desa talang buai," demikian Apriansyah.(ide)

Tags :
Kategori :

Terkait