BNPB Minta Pemprov Gandeng PT Teliti Segmen Megathrust Enggano

Minggu 18-04-2021,18:58 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

RBO >>> BENGKULU >>>  Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjend TNI Dr (Hc) Doni Monardo saat di Bengkulu meminta Pemerintah Provinsi Bengkulu menggandeng Perguruan Tinggi (PT) guna melakukan penelitian terhadap segmen megatrhust Enggano yang disebut memiliki potensi gempa bumi dengan magnitudo tertarget mencapai 8,4.

Menurutnya, penelitian itu untuk menelusuri riwayat aktivitas kegempaan yang pernah terjadi di segmen tersebut pada masa lampau. Karena, bencana alam seperti gempa bumi dan tsunami merupakan peristiwa alam yang memiliki siklus, sehingga dimungkinkan kembali terjadi dimasa yang akan datang.

"Kita tidak tahu segmen megatrhust Enggano ini seperti apa. Saya minta Pak Gubernur jalin kerjasama dengan perguruan tinggi. Nanti juga akan dibantu tim dari pusat untuk melakukan riset pernah ada kejadian apa pada ratusan dan ribuan tahun lalu, karena peristiwa alam itu bentuknya pengulangan," ungkap Doni Monardo ketika di Bengkulu, kemarin.

Ia menilai informasi yang diperoleh dari penelitian itu nantinya akan sangat berguna bagi proses mitigasi bencana untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman masyarakat, sehingga lebih siap menghadapi bencana.

Doni juga meminta pemerintah daerah di Bengkulu memperbanyak penanaman mangrove disepanjang garis pantai untuk meminimalisir dampak ketika terjadi bencana alam seperti tsunami.

"Bengkulu merupakan provinsi yang rawan bencana alam, maka kami mengajak masyarakat untuk menanam mangrove, sehingga dapat mencegah terjadinya abrasi, dan dapat mengurangi dampak jika terjadi tsunami," terangnya.

Menurutnya, keberadaan pohon mangrove disepanjang garis pantai selain berfungsi menjaga keseimbangan alam, juga dapat dijadikan selter alami jika terjadi tsunami.

Kemudian, berfungsi sebagai pelindung erosi dan abrasi air laut, penyangga dan pencegah intrusi air laut, tempat berlindung atau berkembangbiak berbagai jenis fauna dan biota laut, sumber pendapatan masyarakat. Seperti ekowisata, dan sebagai mitigasi bencana.

"Semakin banyak pohon cemara dan vegetasi lain yang ditanam dipinggir pantai, maka pantainya akan bertambah kearah laut, sehingga bisa melindungi daratan. Kalau tidak, daratan kita akan habis," demikian Doni.(idn)

Tags :
Kategori :

Terkait