Jadwal Penutupan Pabrik CPO Beragam

Rabu 05-05-2021,18:06 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

Ada yang H-1 Lebaran Masih Buka

RBO >>> MUKOMUKO >>>  Pihak Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Mukomuko sudah mendapat jadwal penutupan belasan pabrik CPO yang beroperasi di daerah ini. Penutupan itu bersifat sementara lantaran libur lebaran 1442 H.

Berdasarkan jadwal yang dimiliki Distan Mukomuko, jadwal tutup belasan pabrik CPO di daerah tidak bersamaan alias beragam. Ada pabrik sudah tidak membeli buah sawit masyarakat lagi sejak H-4 lebaran atau mulai Minggu (9/5). Tapi ada pula pabrik yang masih buka sampai H-1 atau sampai Rabu (12/5).

"Untuk pabrik PT. SAP dan PT. MiL sudah tutup Minggu (9/5) mendatang. Pabrik yang terakhir tutup itu PT. USM, tanggal 12 mereka masih buka, baru tutup tanggal 13 Mei," ungkap Plt Kadistan Mukomuko, Apriansyah, ST., MT saat dihubungi radarbengkuluonline.com    tadi siang.

Kemudian diuraikan Ap -sapaan akrab Apriansah- sebanyak tiga pabrik minyak kelapa sawit lain yakni PT. DDP, PT. KAS dan PT. KSM tutup mulai Senin (10/5). Pabrik yang baru akan tutup pada Selasa (11/5) PT. GSS dan PT. SSS. Kemudian PT. BMK dan PT. Sapta baru akan tutup Rabu (12/5).

"Artinya, sehari sejalan jadwal penutupan sesuai yang saya uraikan itu, petani atau toke masih ada kesempatan untuk menjual buah sawit ke pabrik," ujar Ap.

Selain sudah mendapatkan jadwal penutupan pabrik CPO, Distan juga sudah mendapat jadwal buka kembali pabrik-pabrik tersebut. Adapun jadwal buka kembali nyaris serentak. Yakni ada yang mulai buka pada hari Senin (17/5) dan sisanya buka pada Selasa (18/5).

"Jika tidak ada perubahan, itu jadwal yang kita terima dan bisa kita sampaikan kepada masyarakat," pungkasnya. (sam)

Tags :
Kategori :

Terkait