Dana Bos Telah Disalurkan Rp 157 Miliar ke 1.891 Sekolah

Kamis 06-05-2021,18:58 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

RBO >>> BENGKULU >>>  Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) tahap II gelombang 1 untuk Provinsi Bengkulu telah disalurkan oleh Kantor Pelayanan dan Perbendaharaan Negara (KPPN) Bengkulu. Dana yang disalurkan ini jumlahnya mencapai Rp 157.783.944.000,- dengan penyaluran untuk 1.891 sekolah di Provinsi Bengkulu.

Dalam penggunaan dana BOS untuk 346.919 peserta didik, besarannya dihitung berdasarkan besaran satuan biaya masing-masing daerah dikalikan dengan jumlah peserta didik. Dengan dana BOS ini sekolah dapat menggunakannya secara fleksibel untuk membiayai operasional penyelenggaraan pendidikan di sekolah sesuai kebutuhan sekolah yang termasuk diantaranya adalah untuk pembayaran honor yang besarannya maksimal 50% dari jumlah alokasi dana BOS Reguler yang diterima oleh sekolah.

"Pemrosesan penyaluran dana BOS yang dilakukan oleh KPPN Bengkulu dilakukan dengan prinsip yang transparan, akuntabel, dan cepat. Sehingga, dapat segera dirasakan manfaatnya oleh penerima bantuan ini. Terlebih dalam situasi menjelang lebaran seperti ini," ujar Ady Wijaya Joanes Brebeuf, S.E., M.M sebagai Kepala KPPN Bengkulu yang juga menjabat sebagai Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) Penyaluran Dana Transfer ini kepada radarbengkuluonline.com Kamis (6/5) siang.

Ady pun menambahkan, bahwa dengan adanya kerjasama yang baik antara beberapa pihak, KPPN Bengkulu sebagai Kuasa Bendahara Umum Negara (BUN) di daerah dapat turut berkontribusi dalam pembangunan di Provinsi Bengkulu ini yang diantaranya berupa pemrosesan Dana Transfer ke Daerah berupa Dana BOS, DAK Fisik, maupun Dana Desa dengan profesional dan tanpa biaya.

“Keseluruhan Dana BOS tahap II gelombang 1 Tahun Anggaran 2021 ini telah disalurkan dari Kas Negara ke rekening sekolah penerima pada tanggal 6 Mei 2021 yang merupakan tanggal paling awal dapat disalurkan karena harus melalui penyediaan dana terlebih dahulu dikarenakan nominalnya yang besar,” tambah Ahmad Zakyuddin, M.Sc sebagai Kepala Seksi Bank pada KPPN Bengkulu.

Ke depannya, KPPN Bengkulu sebagai instansi yang telah memperoleh predikat Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan berproses menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) akan selalu menjaga komitmennya dan juga selalu bersinergi dengan Pemerintah Daerah dalam penyaluran dana APBN di Provinsi Bengkulu. (Bro)

Tags :
Kategori :

Terkait