DPK Inisiasi Lomba Pustakawan, Wujudkan Program Besar Gubernur

Selasa 25-05-2021,09:55 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

1 Desa, 1 Perpustakaan

RBO, BENGKULU - Dinas Perpusatakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi Bengkulu menggelar lomba Pustakawan Terbaik tingkat Provinsi Bengkulu. Kepala DPK Provinsi Bengkulu H. Meri Sasdi Jantan,M.Pd menyatakan bahwa kegiatan tersebut adalah salah satu upaya dan strategi DPK untuk mewujudkan program besar pemerintah daerah Provinsi Bengkulu satu desa satu perpustakan berbasis inklusi sosial.

H. Meri Sasdi mengatakan, Lomba Pustakawan ini adalah amanat undang No 43 Tahun 2007 tentang pustakaan dan sekaligus juga harapan Gubernur Bengkulu. Dimana para pustakawan ini nantinya akan menjadi motor penggerak utama dalam pengembangan, pelayanan, peningkatan pelayanan perpustakan. Disamping itu, lomba pustakawan untuk peningkatakan komptensi para pustakawan ini dapat membantu percepatan program Gubernur Bengkulu yakni satu desa satu perpustakaan yang berbasis inklusi sosial.

Meri Sasdi Menjelaskan, perpustakaan berbasis inklusi sosial merupakan suatu pendekatan pelayanan perpustakaan yang berkomitmen meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat pengguna perpustakaan melalui pengembangan perpustakaan yang lebih mengutamakan program pemberdayaan masyarakat. Perpustakaan berbasis inklusi sosial, yang dimaksud yakni perpustakaan proaktif yang dapat membantu idividu dan masyarakat untuk mengembangkan keterampilan dan kepercayaan diri, dan membantu meningkatkan jejaring sosial. Perpustakaan juga mendukung komunitas, orang dewasa dan keluarga untuk belajar di perpustakaan. Semisal saja, ketika ditempat perpustakaan desa nanti menjadi tempat berbagai kegiatan, maka akan ada transaksi ekonomi disana. Misalkan saja, di desa itu ada banyak buah sukun, maka ibu-ibu disana bisa mencari literasi lewat perpustakaan terkait pengolahan, produksi, manajemen hingga memasarkan potensi yang ada. Langsung aksi seperti ini yang dapat memberikan kesejahteraan disetiap lapisan masyarakat.

Disisi lain, lomba pustakawan terbaik yang diikuti oleh 24 peserta se provinsi Bengkulu memiliki tujuan memberikan penghargaan kepada para pustakawan yang berprestasi, lalu mengembangkan profesionalisme pustakawan untuk berkerja dan berkarya, meningkatkan motivasi inovasi dan etos kerja dari pustakawan dan menambah keterampilan, wawasan serta kompetensi dimasing - masing pustakawan serta mendorong terjalinnya jaringan kerjasama informasi perpustakaan yang kuat diantara peserta.

"Hasil seleksi ini, pustakawan terbaik nantinya akan dikirim ke pusat mewakili Bengkulu dalam perlombaan nasional. Kita Bengkulu sudah terkenal dan diperhitungkan, karena kita selalu dapat juara, tahun lalu kita juga dapat," kata optimis Kadis. (ae2)

Tags :
Kategori :

Terkait