Desa Talang Buai Tingkatkan JUT

Rabu 26-05-2021,18:07 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

RBO >>>  SELAGAN RAYA >>>  Pemerintah Desa (Pemdes) Talang Buai, Kecamatan Selagan Raya Kabupaten Mukomuko terus berupaya meningkatkan perekonomian masyarakat bidang pertanian. Dimana penggunaan Dana Desa (DD) tahap I Tahun Anggaran (TA) 2021 ini masyarakat dan Pemdes Talang Buai sepakat untuk meningkatkan atau membangun rabat beton dan scrap Jalan Usaha Tani (JUT) yang berada di wilayah dusun III Desa Talang Buai dengan ukuran panjang lebih kurang 100 meter. Kegiatan fisik tersebut sudah disepakati dan tinggal direalisasikan.

Pjs Kades Talang Buai, Lukman saat dikonfirmasi radarbengkuluonline.com mengatakan, sesuai dengan perencanaan yang sudah tertuang dalam Rencana Anggaran Belanja (RAB) dan sudah disahkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) TA 2021, berdasarkan usulan pembangunan yang masuk pada saat Musyawarah Desa (Musdesus) usulan memang DD tahap I ini akan digunakan untuk pembangunan rabat beton JUT. "Peningkatan JUT tersebut sesuai dengan kemampuan anggaran tahap I. Untuk kegiatan pembangunan fisik yang lain dilanjutkan tahap II dan tahap III," kata Lukman kemarin.

Dijelaskannya, sejauh ini pekerjaan memang belum mulai bergerak. Karena prapelaksana kegiatan atau Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) belum selesai dibentuk. Pihaknya menargetkan dalam minggu ini TPK harus selesai dibentuk. Kemudian, langsung melaksanakan kegiatan titik nol sebagai tanda bahwa kegiatan mulai dikerjakan. "Kemarin kita sudah menjadwalkan pembentukan TPK pada Senin 24 Mei. Namun masih ada beberapa kendala, sehingga pembentukan TPK harus diundur. Dan pembentukan TPK kembali kita jadwalkan dalam waktu dekat ini," jelasnya Lukman.

Ditambahkannya, berdasarkan hasil musyawarah yang ditetapkan dalam APBDes dan lokasi yang sudah disurvei oleh tenaga Pendamping Desa Teknik Infrastruktur (PDTI), TA 2021 ini ada 3 item pembangunan fisik yang direalisasikan. Yaitu, 2 item peningkatan JUT dan 1 item peningkatan jalan menuju wisata Air Terjun Sungai Enau. Perencanaan kegiatan pembangunan fisik tersebut merupakan usulan dan permintaan masyarakat Desa Talang Buai. "Mudah-mudahan semua kegiatan tersebut bisa selesai 100 persen tahun ini. Dan masing-masing kegiatan bisa diselesaikan tepat waktu dan sesuai dengan perencanaan awal," demikian tambahnya.(ide)

Tags :
Kategori :

Terkait