UKW PWI Bengkulu Sukses, 17 Kompeten, 5 Belum

Sabtu 05-06-2021,18:48 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

RBO >>>  BENGKULU >>>  Uji Kompetensi Wartawan (UKW)  ke XV yang digelar PWI Bengkulu  di Adeeva Hotel Pantai Panjang Bengkulu berakhir  dan  ditutup langsung oleh Waka Bidang Advokasi dan Pembelaan Wartawan PWI Pusat, Ocktap Riady siang tadi. Acara yang diadakan 4-5 Junji 2021 dan diikuti 22 orang wartawan dengan rincian 12 orang UKW Muda, 4 orang UKW Madya dan 6 orang UKW Utama ternyata hanya 17 orang yang sudah kompeten. Sedangkan  5 peserta lainnnya  belum berhasil.

 Ocktap dalam arahannya  menyampaikan bahwa PWI mengapresiasi atas pelaksanaan UKW disetiap provinsi, sehingga bisa menyiapkan SDM yang profesional yang berlandaskan UU Pers dan Kode Etik Jurnalistik. "Alhamdulillah UKW ke XV selesai dan selamat atas yang sudah berkompeten dan jangan patah semangat bagi yang belum berkompeten. Apresiasi kepada pengurus PWI disetiap provinsi yang telah mengadakan UKW hingga menghasilkan wartawan yang profesional dan mematuhi kaidah seorang wartawan. Rutinnya pelaksanaan UKW hal ini PWI Pusat mengapresiasinya dalam bentuk penghargaan kepada setiap provinsi yang melaksanakannya. "

Senada disampaikan Koordinator Tim penguji, Dr Iskandar Zulkarnain yang menjabat sebagai Dewan Penasihat Kehormatan PWI Provinsi Lampung. Ia mengatakan bahwa pelaksanaan UKW bertujuan untuk meningkatkan kualitas seiring maraknya berita hoax yang beredar dengan harapan wartawan yang mengikuti UKW lebih profesional.

"Dengan pelaksanaan UKW ini teman-teman yang mengikuti UKW bisa memberikan pencerahan dan mencerdaskan untuk publik. Sehingga masyarakat bisa membaca berita-berita dihasilkan wartawan yang profesional yang mengikuti UKW selama dua hari ini. PWI sebagai institusi yang diberi kewenangan oleh Dewan Pers untuk mengasah wartawan menjadi seorang profesional, "beber bang Zul --sapaannya. Ketua PWI Provinsi Bengkulu, Zacky Anthoni, SH MH menyampaikan apresiasi kepada Tim Penguji dan Pengurus PWI yang hadir. Kepada wartawan yang belum kompeten jangan putus asa dan tetap semangat. Karena UKW ini bagian dari proses dan dapat mengikuti kembali dikemudian hari.

Adapun hasil UKW ini,  dari 22 peserta ujian yang berkompeten ada sebanyak 17 orang dan yang belum berkompeten sebanyak 5. ''Yang belum kompeten ini adalah mereka yang mengikuti UKW Muda.'' (Ae-4)

Tags :
Kategori :

Terkait