Tingkatkan Kualitas Lembaga PAUD dan PKBM di Kota

Senin 07-06-2021,18:45 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

RBO >>>  BENGKULU >>>  Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Nonformal (BAN PAUD dan PNF) Provinsi Bengkulu mengadakan kegiatan sosialisasi akreditasi PAUD dan PNF secara luring (tatap muka langsung) kemarin. Ini dilakukan dalam rangka memberikan informasi kebijakan dan mekanisme akreditasi serta sistem penilaian akreditasi bagi satuan pendidikan PAUD dan PKBM di lingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kota Bengkulu, bertempat di ruang Aula Dikbud.

Sosialisasi tersebut bertujuan agar para guru dan operator yang akan memahami apa manfaat akreditasi Ban PAUD dan PNF, serta untuk memenuhi salah satu standar kebutuhan, dan menjadi syarat untuk mengajukan akreditasi yang harus diajukan dari permohonan Tenaga Pendidik (Tendik). Selain itu, syarat izin operasional, sertfikat keberadaan tanah, dan syarat pendukung lainnya, untuk meningkatkan akreditasi lembaga PAUD dan PKBM di Kota yang jumlahnya sudah mencapai ratusan lembaga tersebar di seluruh Kecamatan di Kota Bengkulu.

"Harapan kami, agar para guru dan kepala PAUD akan tau, serta memahami apa saja yang harus dilakukan di sekolah. Baik itu tentang pemetaan guru pemetaan sekolah, apa yang harus dilakukan seorang kepala sekolah dan guru. Jangan sampai tidak memahami. Karena, ini sangat penting dan sangat bermanfaat sekali," ujar Pengawas PAUD, Dikbud Kota, Nani, S. Pd. saat dihubungi radarbengkuluonline.com Senin (7/6).

Sementara itu, Kabid PAUDNI Dikbud Kota, Minarni, S. Pd mengatakan, sosialisasi ini juga bertujuan agar para guru langsung melakukan uji coba, dan menguji aplikasi simulasi dapodik, agar dapat mengetahui apakah aplikasi sudah terupdate, dan sudah siap mengupload data sekolah masing-masing.

"Kegiatan seperti inilah yang dapat meningkatkan kualitas lembaga PAUD dan PKBM di Kota. Tentunya ilmu yang mereka dapatkan dikegiatan ini harus dimaksimalkan dengan sebaik mungkin, " kata Minarni. (ach)

Tags :
Kategori :

Terkait