Tingkatkan Kualitas, SMKN 4 Kota Gelar Pelatihan Auditor

Selasa 08-06-2021,18:58 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

RBO >>>  BENGKULU >>>  Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 4 Kota Bengkulu, terus meningkatkan kualitas para jajarannya. Baik itu mutu pendidikan, sarana prasarana penunjang dan sebagainya. Kali ini, pihaknya menggelar kegiatan pelatihan auditor. Ini dilakukan dalam rangka meningkatkan manajemen sekolah. Kegiatan ini bertempat di Lab Komputer SMKN 4, Selasa (8/6).

"Kegiatan ini adalah salah satu pelatihan untuk melakukan audit sistim mutu. Apalagi, tahun depan sekolah kami akan mengusulkan untuk implementasi audit sistim mutu ISO. Harapan kami, dengan adanya pelatihan sistem ISO ini, akan ada kepastian penjaminan pelaksanaan sistim manajemen di sekolah," ujar Kepala SMKN 4 Kota Bengkulu, Dr. Paidi, M.TPd kepada radarbengkuluonline.com saat ditemui di ruang kerjanya Selasa (8/6).

Dijelaskannya, sistim mutu ISO itu, merupakan sebuah sistim yang memastikan pelaksanaan sistim disebuah lembaga atau organisasi. ISO sebagai sistim mutu di sekolah, seperti proses pelaksanaan PPDB, dalam proses tersebut harus ada sebuah dokumen atau pentunjuk yang disebut sebagai Standar Operasi Prosedur (SOP). Jadi, ISO itu memastikan SOP dilaksanakan dengan baik dan benar. "Materi yang diberikan oleh narasumber Dra. Suwarni selaku Wakil Ketua Manajemen Mutu di SMKN 1 Kota, yaitu cara melakukan audit, dokumen rekaman, prosedur dan instruksi kerja. Peserta yang mengikuti pelatihan merupakan seluruh pimpinan unit sekolah, terdiri wakil kepala sekolah, ketua program keahlian, tata usaha," jelasnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelatihan, Yulina Wetsi, S.Pd, M.Pd.Si mengatakan, kegiatan pelatihan auditor mutu internal, merupakan sebagai tindaklanjut hasil rekomendasi evaluasi kegiatan penerimaan SMK COE sebelumnya. Selain itu, pihaknya juga ingin menambah auditor, sembari melatih para peserta auditor untuk melaksanakan tugas auditor dengan baik. "In sya Allah, pelatihan auditor ini akan kami gelar setiap tahunnya.''

Untuk tahap pertama, sasaran peserta kepala unit kerja. Pelatihan ini digelar selama dua hari, dari hari Selasa dan Rabu. Untuk hari ini (Rabu-red), para peserta akan dibekali langsung praktik auditor. Jadi, saat ada audit mereka ini tidak kaget lagi, dan sudah mempersiapkan hal tersebut dengan baik dan benar," tutupnya. (ach)

Tags :
Kategori :

Terkait