Lakukan Mutasi, Bupati Mukomuko Ajak Perkuat Kebersamaan

Minggu 13-06-2021,18:04 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

RBO >>>  MUKOMUKO >>>  Bupati Mukomuko, H. Sapuan, SE., MM., Ak., CA., CPA melakukan mutasi atau rotasi jabatan perdana di lingkungan Pemerintah Kabupaten Mukomuko dimasa kepemimpinannya. Pelantikannya dilaksanakan pada hari Jumat (11/6) di Balai Daerah setempat. Bupati melantik pejabat promosi serta mengukuhkan pejabat eselon II, eselon III serta eselon IV di jajaran Setdakab Mukomuko karena ada perubahan nomenklatur. Total pejabat yang diambil sumpah dan janjinya oleh Bupati Sapuan sebanyak 57 orang.

Usai melantik, dalam sambutannya, Sapuan mengajak seluruh jajaran di Pemerintah Kabupaten Mukomuko, khususnya bagi pejabat yang baru dilantik untuk memperkuat kebersamaan. Sebab, menurut Sapuan, tanpa kebersamaan apa yang dicita-citakan akan sulit dicapai.

"Pencapaian visi dan misi Kabupaten Mukomuko mustahil dapat dicapai tanpa kebersamaan dan kesatuan seluruh stake holder yang ada di Mukomuko ini. Untuk tujuan tersebut, mari kita ciptakan kebersamaan serta menjaga situasi dan kondisi yang kondusif di Kabupaten Mukomuko ini," ajak Bupati.

Bagi Bupati, puluhan pejabat di lingkungan Pemkab Mukomuko yang baru dilantik ini adalah para pemimpin. Maka dalam diri seorang pemimpin harus memiliki jiwa sebagai pengelola, jiwa pemimpin , dan jiwa pelaksana. "Ada tiga peran yang harus melekat dalam diri seorang pemimpin. Yaitu pemimpin sebagai pengelola (manajer), sebagai leader, dan pemimpin sebagai pelaksana (implementator). Maka, tiga kemampuan itu harus terus digali dan dikembangkan," ujar Bupati mengingatkan.

Sapuan menekankan, mutasi merupakan hal biasa di lingkungan pemerintah. Promosi, diberikan sebagai bentuk apresiasi pemerintah atas kinerja dan prestasi serta dedikasi selama ini. Sedangkan rotasi dilakukan memberikan suasana dan tantangan di tempat tugas baru, sehingga para aparatur tidak terjebak dengan rutinitas yang membosankan.

"Saya berharap, janganlah mutasi atau alih tugas ini diartikan sebagai sesuatu yang memiliki konotasi negatif, yang dapat menjebak kita dalam sikap kurang terpuji. Tapi, jadikanlah alih tugas ini serta pengukuhan ini momen untuk lebih disiplin, meningkatkan etos kerja dalam melaksanakan tugas yang diamanahkan. Karena jabatan adalah tanggungjawab sebagai aparatur pemerintah, dan karena jabatan adalah sebagai kepercayaan pemimpin," demikian Bupati.

Untuk diketahui, pejabat eselon II yang dilantik diantaranya, Sekda Mukomuko, Drs H Marjohan, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setdakab, Drs Novizar Eka Putra, Asisten Administrasi Umum, Drs Arinal Basri.

Selanjutnya pejabat Eselon III yakni Kabag Pemerintahan dan Otonomi Daerah Setdakab, Andi Hendra, Kabag Kesra, Sudirman, Kabag Hukum, Bakhtiar Syofian, Kabag Perekonomian dan Sumber Daya Alam, Yuli Yarman, Kabag Administrasi Pembangunan, Hari Mustaman, Kabag Pengadaan Barang dan Jasa, Heri Junaidi, Kabag Umum Rahmad Hidayat, Kabag Organisasi Yandaryat Priendiana, serta Kabag Perencanaan dan Keuangan Setdakab Mukomuko, Herman Faizal.

Selanjutnya, pejabat yang dipromosikan untuk mengisi kekosongan diantaranya, Juni Kurnia Diana sebagai Sekretaris Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Perizinan Terpadu dan Tenaga Kerja (DPMPPTK), Madri sebagai Sekretaris DP2KBP3A, Novria Eka Putra sebagai Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setdakab Mukomuko, dr Syafriadi sebagai Direktur RSUD Mukomuko, Epin Masyuardi dilantik sebagai Camat Sungai Rumbai, Heri Afian Efendi sebagai Camat Teramang Jaya, Sutrisna Imam Santosa sebagai Camat Penarik.

Selanjutnya pejabat yang dipromosi, Arni Gusnita dilantik sebagai Kabid Kebudayaan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Endang Wijaya dilantik menjabat Kepala Bidang Tenaga Kerja, DPMPPTK, Dedy Fadly dilantik menjabat Sekretaris Kecamatan Teramang Jaya, Vivi Nofriani Kabid Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, DP2KBP3A, Rhomy Febryas Kabid Pengelolaan Sampah, Limbah B3 dan Pengendalian Pencemaran, Dinas Lingkungan Hidup. Kemudian Lindawati dilantik sebagai Sekretaris Kecamatan Air Dikit, Eva Marlinda menjabat Kabid Sumber Daya Alam dan Teknologi Tepat Guna, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Andes Wijaya dilantik sebagai Kabid Pemuda dan Olahraga, Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga. Serta puluhan pejabat eselon IV juga ikut dikukuhkan.

Pelantikan atau pengukuhan puluhan pejabat di lingkungan Pemkab Mukomuko itu berdasarkan surat persetujuan dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri RI) Nomor: 821/2890/OTDA, Prihal: Persetujuan Pengukuhan, Pengangkatan dan Pelantikan Pejabat Struktural di Lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Mukomuko. Surat tersebut ditandatangani oleh Direktur Jendral Otonomi Daerah, Drs. Akmal Malik, M.Si. a.n Mentri Dalam Negeri. (sam)

Tags :
Kategori :

Terkait