Baznas Provinsi Bengkulu Buka Pendaftaran Beasiswa Gerimis

Selasa 15-06-2021,19:39 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

Untuk Jenjang SMA dan Perguruan Tinggi

RBO >>> BENGKULU >>>  Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Bengkulu tahun ini menerima pendaftaran beasiswa Generasi Milenial Islami (Gerimis) bagi pelajar SMA/SMK/MA kelas 1 semester II dan mahasiswa Perguruan Tinggi di semester dua, tiga, empat, lima, yang ada di Provinsi Bengkulu.

"Untuk beasiswa yang akan kami berikan kepada 100 orang. Baik itu jenjang SMA/SMK/MA dan Perguruan Tinggi. Besaran beasiswa yang diberikan berupa uang selama 1 tahun. Untuk jenjang SMA, satu orang siswa mendapat Rp 200.000 perbulan. Sedangkan mahasiswa perguruan tinggi Rp 300.000. Uang tersebut cair tiga bulan sekali. Jadi, Rp 600.000 siswa SMA, dan Rp 900.000 bagi mahasiswa. Ini ditransfer melalui rekening," ujar Ketua Baznas Provinsi Bengkulu, Dr. Fazrul Hamidy kepada radarbengkuluonline.com, Selasa (15/6).

Dijelaskannya, pendaftaran sudah dibuka mulai dari tanggal 14 sampai 28 Juni 2021. Dihari ini (Selasa-red), yang sudah mendaftar melalui google form http://bit.ly/BeasiswaBaznasBkl2021 sebanyak 282 orang. Padahal masing-masing kuota yang diterima sebanyak 100 orang. 100 jenjang SMA, dan 100 untuk Perguruan Tinggi. Khusus untuk mahasiswa UIN Fatmawati Bengkulu, tidak bisa mendaftar beasiswa Gerimis tersebut. Ini dikarenakan Baznas sudah ada program tersendiri bagi UIN Fatmawati Bengkulu. "Program ini setiap tahun kami gelar, membantu para pelajar di Provinsi Bengkulu supaya tetap semangat dalam bersekolah."

Berikut persyaratan umum yang harus dipenuhi. Yaitu mengisi Form Google http://bit.ly/BeasiswaBaznasBkl2021, Mengisi formulir Pendaftaran (Download : http://bit.ly/FormPendaftaranBeasiswa2021), Copy Kartu Keluarga & KTP Provinsi Bengkulu (ortu & Pemohon), Copy kartu pelajar/ mahasiswa, Foto Berwarna 4x6 2 lembar, surat keterangan aktif sekolah/kuliah, Surat Pernyataan Tidak Menerima Beasiswa Dari pihak lain (Materai 6000), Asli Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari kelurahan/Desa, Denah alamat Tempat tinggal dari Jalan Utama/Raya, Foto kondisi Rumah 4 Sisi (Tampak Depan, Belakang, Samping Kanan dan Kiri), Dapat Membaca Al Qur’an Secara Lancar, Melaksanakan Salat 5 Waktu dan kewajiban ibadah lainnya.

"Untuk persyaratan khusus bagi siswa SMA/SMK/MA, wajib beragama Islam, akreditasi Sekolah Minimal B, sekolah Telah Terbentuk Unit Pengumpul Zakat (UPZ), peringkat Prestasi Akademik Sekolah masuk 10 Besar, siswa berada di kelas IX dan XI. Sedangkan untuk mahasiswa perguruan tinggi, wajib beragama Islam, akreditasi Perguruan Tinggi dan Fakultas Minimal B, PT Telah Terbentuk Unit Pengumpul Zakat (UPZ), indeks Prestasi Komulatif (IPK) : 3.00, mahasiswa ini sedang aktif di semester 3 dan 5.

"Untuk tahapan pelaksanaan, pendaftaran 14 sampai 28 Juni 2021, jadwal test 1 Juli 2021, pengumunan yang lolos seleksi 5 Juli 2021, berkas pendaftaran langsung diantar ke Kantor Baznas Provinsi yang berlokasi di Jalan Asahan No.2 RT 6, Kel. Padang Harapan, Kota Bengkulu, tepatnya di depan kantor DPRD Provinsi," tutupnya. (ach)

Tags :
Kategori :

Terkait