Talang Buai Ditetapkan jadi Desa Kemajuan Kebudayaan

Rabu 16-06-2021,19:19 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

RBO >>>  SELAGAN RAYA >>>  Desa Talang Buai, Kecamatan Selagan Raya, Kabupaten Mukomuko Bengkulu ditetapkan sebagai Desa dengan kemajuan kebudayaan. Berdasarkan survei Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Sumatera Barat (Sumbar) dari 148 desa dan kelurahan di Kabupaten Mukomuko hanya Desa Talang Buai ditetapkan sebagai desa dengan kemajuan kebudayaan. Sebab, Desa Talang Buai dinilai memiliki banyak potensi budaya. Mulai dari kesenian, tradisi adat pegang pakai, kerajinan tangan tradisional dan potensi objek wisata lainnya yang bisa diangkat dan diekspos ke tingkat nasional.

Kepala BPNB Sumbar, Undri, S.S, M.Si berharap masyarakat Desa Talang Buai tetap melestarikan semua tradisi adat pegang pakai, kesenian dan kerajinan tangan lainnya. Menurutnya, semua potensi yang dimiliki Desa Talang Buai ini akan diajukan ke Direktorat Jenderal (Ditjen) Kebudayaan. Dengan harapan bisa mendapatkan stimulus atau berupa bantuan untuk pengembangan dan pelestarian potensi tradisi adat pegang pakai, kesenian dan kerajinan tangan tradisional yang ada di Desa Talang Buai.

"Sekarang program ini kita serahkan kepada masyarakat Talang Buai. Silakan masyarakat berdiskusi apa yang mau diajukan ke kementerian agar bisa mendapatkan bantuan. Apakah pelestarian tradisi adat pegang pakai, kesenian atau usaha kerajinan tangan tradisional," sampainya kepada radarbengkuluonline.com tadi siang.

Sejauh ini, sambungnya, Desa Talang Buai sudah memiliki tenaga daya desa atau tenaga pendamping terkait dengan masalah desa kemajuan kebudayaan. Apapun yang mau disampaikan oleh masyarakat terkait dengan program ini silakan koordinasi langsung dengan tenaga daya desa. Pihaknya berharap masyarakat Desa Talang Buai harus duduk bersama dan bermusyawarah terlebih dahulu.

"Jika program ini sukses tentu secara otomatis berdampak langsung dengan perekonomian masyarakat Desa Talang Buai. Program ini adalah peluang untuk memperkenalkan Desa Talang Buai di tingkat Provinsi Bengkulu dan di tingkat nasional dengan menggali potensi yang ada," imbunnya.

Sementara tenaga daya desa, Zul Pitardi menambahkan, dalam waktu dekat ini akan mengumpulkan tokoh masyarakat dan tokoh adat Desa Talang Buai untuk membahas apa saja yang akan diajukan ke kementerian. Sehingga potensi yang ada di Desa Talang Buai ini bisa terekspos ke tingkat nasional.

"Ya nanti kita koordinasi dulu dengan pemerintah desa untuk mengumpulkan tokoh masyarakat dan tokoh adat Desa Talang Buai dan menetapkan potensi apa saja yang akan diajukan ke kementerian untuk mendapatkan bantuan pelestariannya." (ide)

Tags :
Kategori :

Terkait