Aur Cina Terus Tingkatkan Pembangunan Infrastruktur

Minggu 20-06-2021,19:00 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

RBO >>>  SELAGAN RAYA >>>  Di samping memprioritaskan penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) dan merealisasikan DD sebesar 8 persen untuk pencegahan Covid-19, Pemerintah Desa (Pemdes) Aur Cina juga fokus meningkatkan pembangunan infrastruktur akses pertanian. Dimana Dana Desa (DD) tahap I Tahun Anggaran (TA) 2021 ini digunakan untuk pembukaan badan Jalan Usaha Tani dan pembangunan pelat deker. Semua kegiatan fisik tersebut untuk meningkatkan perekonomian masyarakat desa bidang pertanian.

Camat Selagan Raya, Khairul Saleh, S.Km, MM dalam kegiatan titik nol Desa Aur Cina kemarin mengatakan, khusus untuk kegiatan pembangunan fisik sudah diserahkan kepada Tim Pengelola Kegiatan (TPK). Jadi, TPK harus bertanggung jawab untuk menyelesaikan semua kegiatan fisik. Sebelum kegiatan dimulai, TPK harus melaksanakan rapat kerja dan mengkaji semua peralatan yang dibutuhkan dalam pelaksanaan pekerjaan.

"TPK harus mengetahui apa yang dikerjakan. Dan TPK harus bertanggung jawab untuk menyelesaikan semua kegiatan fisik sesuai dengan perencanaan awal," sampainya.

Sambungnya, Badan Persmusyawaratan Desa (BPD) selaku pengawasan harus memberikan waktu leluasa kepada TPK untuk menyelesaikan pekerjaannya. Di samping itu setiap saran dan kritikan untuk TPK harus disampaikan melalui kepala desa. Karena kepala desa dalam penggunaan DD bertindak sebagai Kuasa Pengguna Anggaran (KPA). "BPH harus memberikan pengawasan sesuai dengan koridornya. Demikian juga dengan masyarakat harus memberikan pengawasan sesuai dengan aturan yang sudah ada. Mengawasi berarti bukan mencari kesalahan kinerja pemerintah desa," sampainya.

Sementara Kepala Desa (Kades) Aur Cina, Jamain menambahkan, pihaknya dari pemerintah desa berharap TPK bisa menyelesaikan semua pekerjaannya sesuai dengan perencanaan awal yang sudah ditetapkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APDes) tahun anggaran 2021. Dalam pelaksanaan kegiatan TPK bisa koordinasi dengan Tenaga Pendamping Desa Infrastruktur (PDTI). "Kami harap TPK yang sudah dibentuk bisa menyelesaikan semua pekerjaan sesuai dengan perencanaan awal. Dan kegiatan selesai tepat waktu," tambahnya.(ide)

Tags :
Kategori :

Terkait