Penuhi Kebutuhan, RDB Muda Ajak Warga Kota Donor Darah

Jumat 02-07-2021,13:24 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

Meski Sudah Vaksin Tetap Bisa Donor Darah

RBO >>>  BENGKULU >>>  Kelompok Relawan Darah Bengkulu (RDB) Muda terus berupaya membantu pemerintah bersama PMI dalam upaya memenuhi kebutuhan darah di Bengkulu. Hal ini diungkapkan oleh Ketua RDB-Muda, Dimas Pangestu pada radarbengkuluonline.com, Jumat (2/7).

"Rencananya besok (Sabtu-red) mulai pukul 08.00 WIB bertempat di seberang kawasan Sport Center atau tepatnya di depan pos tulisan Landmark Pantai Panjang, Kami dari RDB Muda akan melakukan kegiatan penggalangan darah melalui donor darah gratis kepada pengunjung diseputar kawasan wisata tersebut," ungkap Dimas.

Saat ini, lanjutnya,  stock darah di PMI memang masih ada. Namun, perlu terus dilakukan penggalangan darah. Karena, dimasa pandemi sulit untuk mendapatkan pendonor. "Karena, masih banyak masyarakat  yang belum paham. Sebenarnya, meskipun di era pandemi Covid-19 saat ini dan kita sudah vaksin, namun masih bisa untuk donor darah. Tidak perlu khawatir, sudah vaksin ataupun belum vaksin boleh donor. Tapi bagi yang sudah vaksin, ketentuannya menunggu minimal 40 hari setelah vaksin kedua baru diperbolehkan donor darahnya."

Kemudian, dalam rangka kegiatan sosial donor darah yang akan mereka laksanakan Sabtu pagi,   donasi darah itu nanti akan disalurkan kepada para pasien thalasemia Bengkulu. "Banyak pasien thalasemia yang membutuhkan darah. Sebab itu, kegiatan Sabtu besok kita donasikan kepada para pasien thalasemia. Sejauh ini dari seluruh golongan darah, dimasa pandemi memang cukup sulit mendapatkan pendonor. Tapi alhamdulillah seperti yang dilaksanakan tanggal 29 Juni kemarin bersama PMI, kami RDB Muda ikut berpartisipasi dalam kegiatan yang melibatkan aparat kepolisian dan terkumpul lumayan banyak. Ada 40 kantong darah terkumpul. Untuk kegiatan kita besok (Sabtu-red), target kita bisa kumpulkan 150 kantong darah. Waktu kegiatan mulai pukul 08.00 WIB hingga selesai."  (idn)

Tags :
Kategori :

Terkait