Rekam Jejak Digital Bidang Pendidikan Berikan Sisi Positif dan Negatif

Minggu 25-07-2021,14:44 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

RBO, MANNA, - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengadakan kegiatan Literasi Digital untuk meng edukasi dan mewujudkan masyarakat agar paham akan Literasi Digital lebih dalam dan menyikapi secara bijaksana dalam menggunakan digital platform di 77 Kota / Kabupaten area Sumatera II, mulai dari Aceh sampai Lampung dengan jumlah peserta sebanyak 600 orang di setiap kegiatan yang ditujukan kepada PNS, TNI / Polri, Orang Tua, Pelajar, Penggiat Usaha, Pendakwah dan sebagainya.

Ada 4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain Digital Skill, Digital Safety, Digital Ethic dan Digital Culture dimana masing masing kerangka mempunyai beragam thema.

Sebagai Keynote Speaker, Gubernur Provinsi Bengkulu yaitu Dr. drh, Rohidin Mersyah, M.M.A., memberikan sambutan tujuan Literasi Digital agar masyarakat cakap dalam menggunakan teknologi digital, bermanfaat dalam membangun daerahnya masing masing oleh putra putri daerah melalui digital platform. Bp. Presiden RI, Bapak Jokowi juga memberikan sambutan dalam mendukung Literasi Digital Kominfo 2021.

DADAN HERMAWAN, ST (CTO Cybers Group), pada sesi Keamanan digital. Dadan memaparkan tema “REKAM JEJAK DI ERA DIGITAL”. Dalam pemaparannya, Dadan menjelaskan Dadan menjelaskan rekam jejak digital merupakan segala rekaman atau bukti yang ditinggalkan setelah beraktivitas di internet dan terekam melalui komputer atau laptop. Jejak yang dapat ditinggalkan di internet meliputi, mencari dan berkunjung ke situs, aplikasi yang menggunakan GPS, like dan follow pada media sosial, mendengarkan musik online, nonton dan komen di youtube, games online, download aplikasi, pengiriman email, belanja online, serta tatap muka jarak jauh. Rekam jejak digital di ranah pendidikan memiliki sisi positif dan negatif. Sisi positifnya yaitu seorang dosen pernah menulis opini di media sosial yang dapat membawa kebaikan. Sisi negatifnya berupa jejak digital dapat meledak kapan saja, contohnya seseorang yang menulis komentar negatif dan mengunggah konten yang tidak pantas, (Kamis, 15 Juli 2021, Jam 09.00 WIB).

Jenis jejak digital terdiri dari jejak digital pasif dan jejak digital aktif. Jejak digital aktif merupakan data yang sengaja dibuat untuk ditinggalkan penggunannya. Sedangkan, jejak digital pasif merupakan data yang ditinggalkan penggunanya tanpa disadari. Tips menggunakan jejak digital, sehingga dapat meminimalisir terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan diantaranya, selalu membaca syarat dan ketentuan setiap mengunduh aplikasi atau dalam proses registrasi, membuat password atau PIN yang unik, menunggah hal-hal positif di berbagai media sosial, hati-hati dalam mengunggah data pribadi di media sosial, serta gunakan aplikasi penghapus unggahan di media sosial mulai dari foto atau video, likes, dan komentar yang pernah diunggah.

Dilanjutkan dengan sesi Kecakapan Digital oleh, MARDIANA BUDIKASIH (Direktur Pemasaran Cybers Group). Mardiana mengangkat tema “MENGENAL TOKO ONLINE (MARKET PLACE): AKSEBILITAS, JENIS, DAN FITUR”. Mardiana menjelaskan marketplace merupakan perantara antara penjual dan pembeli di dunia maya. Jenis-jenis marketplace antara lain, marketplace global, jenis marketplace yang dapat memperjual belikan beragam jenis produk yang berbeda dan didapatkan dari banyak sumber. Seperti, bukalapak, shopee, dan tokopedia. Marketplace konsinyasi, merupakan jenis marketplace dimana penjual hanya menyerahkan hal-hal penting kepada marketplace seperti detail produk dan informasi lainnya kepada marketplace. Contonya berrybenka dan zalora. Marketplace murni, merupakan jenis marketplace yang hanya berfungsi sebagai penyedia tempat bagi penjual untuk mempromosikan produknya sekaligus memberikan fasilitas pembayaran. Seperti, shopee Singapura, lazada Singapura, dan JD.ID Tiongkok.

Manfaat berjualan di marketplace ialah, kemudahan mendapatkan calon pembeli, kemudahan memasarkan produk melalui marketplace, dapat membangun relasi antar pedagang, keamanan dan kenyamanan dalam melakukan interaksi, serta jangkuan luas. Fitur-fitur yang harus ada pada marketplace meliputi, registrasi user, registrasi toko, detail produk, halaman dashboard, metode pembayaran, dan fitur pencarian barang. Prinsip umum jualan online ialah, memiliki mindset bisnis yang benar, tujuan berjualan, buat website bisnis atau toko online, promosi melalui media online, serta bangun sistem dan otomasi bisnis.

Sesi Budaya Digital oleh, SOJI ANTORO, M.TPD (Wakil Kepala Sekolah SMAN 5 Bengkulu Selatan). Soji memberikan materi dengan tema “MEMAHAMI MULTIKULTURALISME DALAM RUANG DIGITAL”. Soji menjabarkan pentingnya multikulturalisme benturan budaya merupakan hal yang pasti diantaranya, perbedaan antara peradaban tidak hanya riil, tetapi juga mendasar. Dunia makin menyempit, interaksi beda peradaban makin meningkat. Modernisasi ekonomi dan sosial dunia. Barat menjadi episentrum kekuatan budaya. Serta, karakteristik dan perbedaan budaya kurang bisa menyatu dan berkompromi. Multikulturalisme mencakup suatu pemahaman, penghargaan serta penilaian atas budaya seseorang, serta suatu penghormatan dan keingintahuan tentang budaya etnis orang lain. Sifat multikultural meliputi, tumbuh dari paham multikulturalisme, serta sifat yang mengakui dan memahami perbedaan dalam kesederajatan.

Terdapat pro-kontra multikulturalisme diantaranya, mendukung, mengkritisi, dan menolak. Kelompok minoritas, umumnya menolak perspektif dari multikulturalisme. Kelompok minoritas, umumnya mendambakan atau mendukung multikulturalisme. Serta, kelompok intelektual sosial, umumnya mengambil sikap kritis terhadap multikulturalisme. Masyarakat Indonesia berada pada era digital yang meliputi, aspek kehidupan tidak terlepas dari penggunaan dan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi, terjadi pergeseran pola pikir, pola sikap, dan pola tindak masyarakat dalam akses dan distribusikan informasi, serta masyarakat akan semakin mudah mengakses informasi melalui berbagai platform digital.

Narasumber terakhir pada sesi Etika Digital oleh, MEDI ARIO GRAHA (Regional General Manager CBIN, Project Digital Director Warkop Digital Bengkulu Province). Medi mengangkat tema “BASIC KNOWLEDGE DAN RULES USAHA DIGITAL”. Medi menjelaskan konsep dasar usaha digital antara lain, tentukan ide produk atau jasa, riset, konten yang menarik, tentukan media yang ingin digunakan, serta teknik closing seperti pelayanan yang ramah, alasan untuk membeli produk, dan kepercayaan. Proses mengembangkan produk baru meliputi, pengumpulan ide, seleksi produk, analisis produk, pengembangan, pengujian, dan komersialisasi.

Langkah riset pasar mencakup, perumusan masalah, penentuan tujuan, pengumpulan data, analisis data, dan inteprestasi hasil. Konten yang manarik berisi kesadaran, minat, keinginan, tindakan, dan penjualan. Menentukan media seperti, linkedin, facebook, twitter, youtube, dan sebagainya. Teknik closing mencakup 80% orang memutuskan membeli karena emosi, dan 20% orang memutuskan membeli karena logika. Pelayanan ramah, jelas, respon cepat, alasan untuk segera membeli, dan kepercayaan.

Webinar diakhiri oleh, MICHELLE WANDA (Aktris, Presenter, dan Influencer dengan Followers 46,6 Ribu). Michelle menyimpulkan hasil webinar dari tema yang sudah diangkat pada narasumber berupa, tips menggunakan jejak digital, diantaranya, selalu membaca syarat dan ketentuan setiap mengunduh aplikasi atau dalam proses registrasi, membuat password atau PIN yang unik, dan menunggah hal-hal positif di berbagai media sosial. Manfaat berjualan di marketplace ialah, kemudahan mendapatkan calon pembeli, kemudahan memasarkan produk melalui marketplace, dapat membangun relasi antar pedagang, serta keamanan dan kenyamanan dalam melakukan interaksi.

Terdapat pro-kontra multikulturalisme diantaranya, mendukung, mengkritisi, dan menolak. Masyarakat Indonesia berada pada era digital yang meliputi, aspek kehidupan tidak terlepas dari penggunaan dan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi. Serta, konsep dasar usaha digital antara lain, tentukan ide produk atau jasa, riset, konten yang menarik, tentukan media yang ingin digunakan, serta teknik closing. (rls)

Tags :
Kategori :

Terkait